Para peserta pelatihan Kesamaptaan Badiklat Kumham Jateng tengah melaksanakan latihan menembak. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 40 peserta pelatihan Kesamaptaan yang diselenggarakan Balai Diklat (Badiklat) Hukum dan HAM Jawa Tengah (Jateng) melaksanakan latihan menembak pada hari Sabtu (26/3/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kompi 3 Batalyon A atau yang lebih dikenal dengan Brimob Pasadena Semarang.

Kegiatan latihan menembak ini dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jateng, Jusman, dan Kepala Badiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo serta jajarannya.

Dalam latihan menembak sendiri dibina oleh para anggota Brimob Pasadena, baik menggunakan laras pendek maupun laras panjang. Selain praktik menembak, peserta juga diberikan teori-teori dan tata cara menembak oleh para pembimbing.

Diharapkan para peserta bisa melaksanakan kegiatan dengan serius, karena jika lengah sedikit saja bisa jadi nyawa taruhannya.

Sementara Kepala Badiklat Hukum dan HAM Jateng, Kaswo menyampaikan, kegiatan latihan menembak ini merupakan salah satu rangkaian pembelajaran bagi para peserta pelatihan Kesamaptaan, yang akan berakhir pada tanggal 31 Maret 2022.

Menurut Kaswo, menembak merupakan salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh para polisi khusus Lapas/Rutan. Kaswo berharap dengan adanya latihan ini peserta dapat menggunakan senjata api dengan baik dan penuh tanggung jawab.

“Pelatihan ini tentu menambah pengetahuan dan kemampuan menembak bagi peserta, sehingga bermanfaat bagi para peserta dalam melaksanakan tugasnya nanti, di masing-masing satuan kerjanya,” ungkap Kaswo, Minggu (27/3/2022).

Ning