blank
Pemain PSIS (hitam), tak berdaya saat jumpa Persipura, hingga telan kekalahan 0-4. Foto: dok/ist

DENPASAR (SUARABARU.ID)– Tim PSIS (Semarang) kalah telak 0-4 dari Persipura (Jayapura), pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2021/2022, yang digelar di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Kamis (24/3/2022) malam.

Empat gol tim asal Papua itu, masing-masing dihasilkan Ferinando Pahabol menit 22, Yevhen Bokhashvili (50), Fergonzi (78), dan Ramai Rumakiek (90+3). Dengan kemenangannya ini, membuat Persipura berpeluang lolos dari jurang degradasi.

Kini empat tim, PSS (Sleman), Barito Putera, PSM (Makassar), dan Persipura, harus berjuang sampai titik akhir pada pekan depan, untuk menghindari satu slot tersisa di degradasi. Saat ini, PSS berada di peringkat 13 dengan 36 poin, diikuti Barito Putera (35), PSM (35), dan Persipura (33).

BACA JUGA: Kota Tegal Tuan Rumah Peringatan HUT Ke-42 Dekranasda Jawa Tengah

Meski sudah mengumpulkan nilai 36, PSS masih terancam degradasi, jika menelan kekalahan di laga terakhir melawan Persija (Jakarta), serta Persipura bersama Barito Putera dan PSM, mampu mendulang kemenangan. Pasalnya, secara head-to-head, Persipura unggul dari PSS.

Khusus PSM, mereka bisa memastikan aman di Liga 1 lebih cepat, jika di pertandingan melawan Persiraja (Banda Aceh) di pekan ke-33, Jumat (25/3/2022), mampu memetik kemenangan. Sebab, raihan poin 38 tidak mungkin terkejar Persipura, walau Mutiara Hitam mendulang tiga angka di laga terakhir.

Sementara itu di sesi jumpa pers usai laga PSIS kontra Persipura, asisten pelatih tim berjuluk Mahesa Jenar, Achmad Resal mengaku menyesal atas hasil buruk yang diterima tim asuhannya.

BACA JUGA: Pengamanan Delegasi G20 di Borobudur Berlangsung Aman dan Kondusif

Menurut dia, semua game plan yang telah disusun sebelum laga, gagal diterapkan para pemain. Hal itu masih ditambah kegototan tim Persipura yang menginginkan poin penuh agar lolos dari degradasi.

”Hasil buruk ini menjadi tanggung jawab saya. Tetapi saya salut dengan kerja keras anak-anak yang tidak mau menyerah,” kata Resal yang didampingi kapten tim, Wallace Costa.

Ditambahkan dia, kini pihaknya konsentrasi untuk pertandingan terakhir menghadapi Persela (Lamongan). ”Evaluasi menyeluruh akan segera kami lakukan, untuk menghadapi Persela di laga terakhir kompetisi ini,” tegasnya.

Riyan