blank
Operasi katarak menyambut Hari Jadi Ke 1.116 Kota Magelang, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Para dokter spesialis perawatan mata (Oftalmologis) Kota Magelang menggelar bakti sosial operasi katarak bagi masyarakat Kota Magelang dan warga yang tidak memiliki BPJS maupun asuransi lainya.

Kegiatan yang diselenggarakan Minggu (20/3) itu, juga  merupakan rangkaian menyambut Hari Jadi Ke-1.116 Kota Magelang. Sebanyak 16 pasien penderita katarak menjalani operasi katarak di di Ruang OK RSUD Tidar.

Ketua Panitia Kegiatan dr Dwidjo Pratiknjo memaparkan, tujuan bakti sosial ini adalah untuk mengurangi angka kebutaan akibat katarak di wilayah Kota Magelang dan sekitarnya.

Sebagai informasi, sebesar 77,7 persen kebutaan di Indonesia disebabkan oleh katarak atau kekeruhan lensa mata. Katarak merupakan proses degeneratif yang sangat dipengaruhi umur.

Adapun prevalensi kebutaan akibat katarak pada penduduk umur 50 tahun ke atas diIndonesia sebesar 1,9 persen.

Dwidjo menerangkan, kebutaan akibat katarak merupakan kebutaan yang dapat disembuhkan melalui operasi. Namun, besarnya proporsi kebutaan akibat katarak menunjukkan masih banyaknya penderita katarak yang belum dioperasi.

Kemudian, keterbatasan biaya karena sosial ekonomi yang rendah seringkali menjadi kendala bagi masyarakat untuk berobat dalam menanggulangi masalah gangguan penglihatan yang dialami.

‘’Karena itu, sasaran pasien bakti sosial operasi katarak ini adalah warga Kota Magelang, dan yang tidak memiliki BPJS maupun asuransi lainnya,’’ terangnya.

Bakti sosial dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, mulai dari tahap seleksi pemeriksaan pasien, pelaksanaan operasi katarak hingga evaluasi pasien.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menyampaikan apresiasi tinggi kepada segenap partisipan, donatur, instansi dan para panitia yang sukarela bekerja guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan penglihatan yang baik.

‘’Terimakasih kepada para dokter, tenaga medis, sukarelawan, yang menggelar kegiatan ini dengan sukses dan mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya pada masyarakat, utamanya bagi para penderita katarak,’’ ungkap dokter spesialis penyakit dalam tersebut.

 

Penulis : Prokompim/Pemkotmgl

Editor   : Doddy Ardjono