blank
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kiri), bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Al-Rabiah, di di Jeddah, Minggu (20/3/2022). Foto: dok/ist

JEDDAH (SUARABARU.ID)– Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas, memastikan tahun ini akan memberangkatkan jamaah calon haji Indonesia ke Mekah, Arab Saudi. Namun demikian, pemerintah masih harus menunggu kepastian kuota yang diberikan pemerintah setempat kepada Indonesia.

Kepastian itu disampaikan Menag Gus Yaqut, usai bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Al-Rabiah, Minggu (20/3/2022) di Kantor Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, di Jeddah.

”Saya kemarin sudah bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi. Saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jamaah haji tahun ini dari luar Saudi,” kata Menag dalam keterangan resminya, Senin (21/3/2022).

BACA JUGA: Sebanyak 40 Personil Polsuspas UPT Pemasyarakatan Ikuti Diklat

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor ini juga mendiskusikan kemungkinan jumlah kuota haji Indonesia dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah. Sehingga dia berharap, Indonesia mendapatkan kuota yang ideal, seiring dengan bertambahnya jumlah jamaah yang menunggu keberangkatannya.

”Saya sampaikan bahwa, mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi. Namun saya berharap, Indonesia dapat alokasi yang ideal. Saya tegaskan, Indonesia siap melaksanakan haji, dan memohon agar segera ada kepastian kuotanya,” tutur Menag lagi.

Sementara itu, Tawfiq F Al-Rabiah menyampaikan, pihaknya akan terus melakukan berbagai persiapan, jelang pembukaan musim haji bagi jamaah luar Saudi. Apalagi hingga kini, jamaah umrah dari berbagai negara telah ramai berdatangan, dan semua berjalan lancar.

BACA JUGA: YBWSA Launching Sultan Agung Islamic Daycare

Terkait kuota, Tawfiq menyebutkan, hal itu bukan keputusan dari Kementerian Haji dan Umrah saja. Dengan demikian, proses pengambilan keputusan tentang kuota, harus melibatkan instansi terkait lainnya di Kerajaan Arab Saudi.

Ditambahkan dia, jumlah kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi. Namun Arab Saudi tahun ini siap menerima jamaah haji luar negeri, dan persiapannya pun terus dilakukan.

Tentang kepastian terkait kuota haji, memang ditunggu semua negara pengirim jamaah haji. Selain Indonesia, masih ada sejumlah menteri agama dari berbagai negara, yang juga telah bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, untuk menanyakan hal yang sama.

BACA JUGA: Rahmulyo Ingin Jadikan Tinju sebagai Olahraga Prestasi dan Sport Tourism

Di antara mereka adalah, Menteri Hal Ehwal Ugama Malaysia, Menteri Agama Turki, Qatar, Tunisia, Eutopia, Bangladesh, Mesir, Irak, Uni Emirat Arab, dan beberapa negara lainnya.

Kunjungan kerja Menag Yaqut ke Arab Saudi ini, dalam rangka menghadiri Muktamar Wa Ma’radl Khidamaatil-Hajj wal-‘Umrah, yang diselenggarakan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. Acara itu berlangsung Senin-Rabu (21-23/3/2022), di Superdome, Jeddah, Saudi Arabia, yang dihadiri para menteri agama dari berbagai negara, khususnya yang mengirim jamaah haji.

Riyan