blank
Manajer Enjineering, Yusvi Adi Mustofa

JEPARA (SUARABARU.ID) – PLN UIK Tanjung Jati B sebagai salah satu unit pembangkitan tenaga listrik PLN  saat ini tengah menjalankan tahapan transformasi strategis digitalisasi pembangkit.

Hal ini sesuai dengan road map perusahaan yaitu Transformasi PLN, dimana terdapat 4 poin kategori utama yaitu Green, Innovative, Customer Focused, dan Lean. Pada kategori Lean tersebut terdapat transformasi strategis digitalisasi pembangkit.

Bahkan pada hari ini Kamis (17/3-2022)  di Kantor PLN UIK Tanjung Jati B berlangsung pertemuan PLN UIK Tanjung Jati B dengan tim icon+ untuk koordinasi dan pembahasan mengenai progres perkembangan strategi dan langkah-langkah yang ditempuh untuk mewujudkan digitalisasi TJB 4.0.

BACA JUGA Presiden Jokowi Resmikan Mobil Listrik Rakitan Indonesia, PLN Siap Mendukung Infrastruktur dan Pasokan Listrik

blank
Pertemuan PLN UIK Tanjung Jati B dengan tim icon+

Bertajuk TJB Goes To 4.0, PLN UIK Tanjung Jati B yang merupakan kepanjangan tangan dari PLN untuk menjaga asset dari Lessor (PT CJP) sesuai kontrak FLA, sehingga siap dan handal untuk diserahterimakan kepada PLN pada tahun 2030.

PLN UIK Tanjung Jati B akan memfokuskan siap dan handal pada beberapa hal berikut : Kondisi Aset Pembangkit, Data & History Pekerjaan, Manual Book/Instruction, Infrastruktur gedung dan prasarana lainnya, serta Sistem IT.

blank
Sinergi dengan Icon+, PLN UIK Tanjung Jati B Menuju Digitalisasi 4.0

Manajer Enjineering, Yusvi Adi Mustofa menjelaskan,  tujuan kehandalan dan efisiensi pada pembangkitan secara tidak langsung membutuhkan informasi data, parameter operasi, history dan berbagai variable lainnya yang dapat digunakan dalam aktivitas engeineering.

Proses digitalilasai pembangkit era 4.0 telah dijalankan sejak tahun 2019 bersama icon+. Saat ini yang telah berjalan adalah upgrade dan integrasi maksimum, penggunaan office yang dapat berkolaborasi, dan penggunaan sarana komunikasi berstandar industri 4.0, digital logsheet operasi, serta on progress saat ini adalah akses OPC DCS,” tutur Yusvi.

BACA JUGA Apel Siaga G20, PLN UIK Tanjung Jati B Berkomitmen Jaga Kehandalan Pasokan Tenaga Listrik

blank
PLN UIK Tanjung Jati B akan memfokuskan siap dan handal pada beberapa hal berikut : Kondisi Aset Pembangkit, Data & History Pekerjaan, Manual Book/Instruction, Infrastruktur gedung dan prasarana lainnya, serta Sistem IT.

Tahapan selanjutnya yang akan dijalankan PLN UIK Tanjung Jati B bersama icon+ akan mengembangkan TJB Pedia sebagai pusat knowledge manajemen dan Ensiklopedia pembangkit TJB yang terintegrasi antara asset operator, asset manajer dan tim expert pembangkit. Juga membangun integrated security system yang berstandar kelas dunia yaitu ISO 27001.

Hadepe