blank
Praktik ujian doorstop interview oleh peserta Uji Kompetensi Wartawan Jenjang Muda kepada Senior Manajer Komunikasi & CSR Dharma Sunyata selaku narasumber. Foto: Humas SG

REMBANG (SUARABARU.ID) PT Semen Gresik (PTSG) bersama Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Tengah (PWI Jateng) sukses menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tahun 2022 selama dua hari di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngargogondo The Gade Village,  Borobudur, Magelang, Selasa-Rabu, 15-16 Maret 2022.

Kesuksesan UKW ditandai dengan kepesertaan 24 wartawan yang dinyatakan lulus atau kompeten 100 persen. Sertifikasi kewartawanan untuk jenjang muda, madya, dan utama ini juga mendapatkan apresiasi penuh dari Bupati Magelang, Zaenal Arifin dan Ketua Komisi Pendidikan PWI Pusat, Hendro Basuki yang hadir pada acara tersebut.

Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum sekaligus Sekretaris Perusahaan PTSG, Gatot Mardiana menegaskan, dukungan atas program UKW sebagai bentuk partisipasi perusahaan turut mendorong PWI menguatkan kapasitas wartawan agar lebih profesional dan kompeten dalam menjalankan tugas jurnalistik.

blank
Kepala Departemen Komunikasi & Hukum PTSG Gatot Mardiana (kiri) menyerahkan cinderamata produk UMKM binaan Rumah BUMN Rembang kepada Bupati Magelang Zaenal Arifin. Foto: Humas SG

”Bagi kami, keberadaan wartawan sangat urgen dan perannya strategis sebagai salah satu pilar demokrasi di Indonesia. Kami bersyukur dan ikut bangga seluruh peserta UKW di Magelang dinyatakan kompeten,” kata Gatot dalam siaran persnya, Jumat (18/3).

Gatot optimistis, sinergitas PTSG bersama PWI yang sudah melaksanakan lima kali UKW akan  memberikan nilai manfaat. Dengan meningkatnya kompetensi wartawan, kata dia, akan berimplikasi terhadap kualitas pemberitaan yang disajikan sehingga lebih akurat, lengkap, serta sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik.

‘’Kita berharap karya-karya dari rekan wartawan yang berkompeten, lebih jernih dan menumbuhkan harapan, pencerahan, dan semangat optimisme di tengah masyarakat,’’ katanya.

Lanjut Gatot, kerja sama Semen Gresik dengan PWI Jateng ke depan makin erat dan berkelanjutan untuk kebermanfaatan seluruh stakeholder. PTSG akan selalu mendorong agar profesionalisme dan eksistensi para wartawan di Jateng senantiasa terjaga.