blank
Bangunan rumah Kasman rusak parah. Foto: ist

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-
Rumah Kasmin (67) warga RT 4, RW 12, Dusun Bowan, Desa Tanggulrejo, Tempuran, Kabupaten Magelang, roboh hari ini Kamis,17 Maret 2022 sekitar pukul 14.00. Tidak ada korban jiwa, pemilik rumah hanya mengalami luka ringan.

Penyebab musibah itu akibat bangunan rumah sudah rapuh.
Berdampak rumah rusak berat dan pemilik rumah tertimpa reruntuhan bangunan, sehingga mengakibatkan benjolan di belakang kepalanya. Kasmin sementara ini mengungsi di rumah tetangga sebelah rumahnya, milik Aksin.

“Pak Kasmin hidup sebatang kara, tidak memiliki keluarga,” tutur salah satu tetangganya.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi di wilayah Kecamatan Tempuran dalam beberapa hari terakhir ini mengakibatkan bangunan rumah yang telah rapuh tidak kuat menahan beban hingga akhirnya roboh.

Pasca kejadian itu, direncanakan akan dilakukan gotong royong warga dan aparat terkait untuk membangun rumah pada Minggu pagi 20 Maret 2022. Tindakan awal, hari ini dilakukan penataan material rumah yang semula hancur.

Camat Tempuran, Yuvita Isni Kadratin, ketika diminta konfirmasi soal itu menjelaskan, untuk perbaikan rumah bisa diusulkan lewat bantuan sosial hibah uang, lewat Dinas Sosial.

Dia sudah meminta Kasi Kesra Desa Tanggulrejo untuk membuat proposal permohonan bantuan. “Besok saya minta sudah jadi dan dibawa ke Dinas Sosial,” tandasnya, malam ini.

Eko Priyono