Foto: dok/ist

SOLO (SUARABARU.ID)– Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Yayasan Internet Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta dan kementerian terkait, akan menyelenggarakan acara Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022.

Dengan tema ‘Akselerasi Ekonomi dari Kota hingga Kampung dan Desa Melalui Digitalisasi’, acara ini akan berlangsung Selasa-Kamis (29-31/3/2022), di Gedung Edutorium UMS, Surakarta.

Terkait dengan kegiatan ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), menyambut baik dan mendukung penyelenggaraan Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022.

BACA JUGA: Nasdem Jepara Ingin Sinergis dengan PCNU untuk Kemaslahatan Masyarakat

Kemendagri pun segera melakukan koordinasi dengan Pemkot Surakarta, Kadin Indonesia, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian BUMN, Badan Siber dan Sandi Negara.

Kemendagri juga akan menyampaikan imbauan dan undangan kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa, untuk ikut berpartisipasi dan turut serta menyukseskan gelaran ini.

Wakil Ketua Umum Bidang Teknologi dan Informasi Kadin Indonesia, Firlie H Ganindito mengatakan, tujuan diselenggaranya acara ini yakni, membangun sinergi dan berbagi pengetahuan tentang digitalisasi, antara narasumber, kepala daerah, pelaku usaha, hingga masyarakat.

BACA JUGA: Tingkat Penerimaan Masyarakat Bangka Belitung Terhadap PLTN 73,73 Persen

”Kami berharap, kegiatan ini dapat menjadi media untuk pemerataan digitalisasi di seluruh daerah di Indonesia, melalui forum diskusi antar-seluruh pemangku kepentingan,” kata Firlie dalam keterangannya di Surakarta, Rabu (16/3/2022).

Menurt dia, ini bisa menjadi medium untuk berbagi ide maupun gagasan baru, menentukan dan mengusulkan solusi untuk perencanaan, penerapan, dan pembuatan kebijakan, yang berkaitan dengan digitalisasi di Indonesia.

”Tentunya dengan mempertimbangkan kemajuan teknologi dan inovasi terbaru, yang dapat diterima dan diimplementasikan di kehidupan bermasyarakat,” ujar dia lagi.

BACA JUGA: Walikota Sawahlunto Kunjungi Kampung Samin Blimbing Blora

Sementara itu, Chairman Yayasan Internet Indonesia, Jamalul Izza mengungkapkan, digitalisasi berdampak luas pada kehidupan masyarakat di seluruh aspek kehidupan.

Mulai dari bidang teknologi informasi, infrastruktur, media, kesehatan, perdagangan dan industri, transportasi, administrasi, pendidikan, pariwisata, dan banyak lainnya.

Namun hingga saat ini, masih terdapat kesenjangan transformasi digital di masyarakat perkotaan dan pedesaan. ”Tentu hal ini menjadi masalah yang cukup serius, dan menjadi agenda yang harus ditindaklanjuti,” Sebut Jamal.

BACA JUGA: Omah Durian Jepara Kenalkan PTKP Usaha, Ini yang Dilakukan Mbak Har

Pihaknya berharap, agar terselenggaranya even ini dapat mengurangi kesenjangan itu, dengan berbagai perencanaan dan solusi terbaik yang ditemukan nantinya oleh seluruh kementerian yang terlibat, maupun dari masyarakat. Dengan begitu, pemerataan dapat terjadi hingga ke pelosok daerah sekali pun.

Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM, penyelenggara menggandeng sejumlah pelaku usaha kuliner, yang menjajakan beragam varian masakan khas Nusantara untuk memeriahkan Pasar Rakyat, selama berlangsungnya acara ini.

Untuk informasi lebih lanjut dan registrasi sebagai exhibitor maupun peserta, dapat mengakses pada website www.dnes2022.garindomt.com.

Riyan