blank
Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik, Gatot Mardiana (kiri), menyerahkan cinderamata kepada Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, dalam acara pembukaan UKW di Balkondes Ngargogono The Gade Village, Kabupaten Magelang. Foto: ning

MAGELANG (SUARABARU.ID)– Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, mengapresiasi langkah PWI Jawa Tengah bersama PT Semen Gresik, yang menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tahun 2022.

Hal itu seperti yang disampaikan Nanda, saat membacakan sambutan tertulis Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP, ketika membuka UKW di Balkondes Ngargogondo The Gade Village, Kecamatan Borobudur, Selasa (15/3/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan hingga Rabu (16/3/2022) itu, diikuti 24 wartawan cetak dan online dari berbagai kota di Jateng.

BACA JUGA: 12 Ribu Anggota PWI Telah Dinyatakan Kompeten Dalam Tugas Jurnalistik

”Di tengah era digital dimana komunikasi dan informasi memegang peran penting, posisi wartawan sangat strategis. Wartawan seolah tak kenal lelah mengedukasi masyarakat dengan informasi yang disajikan,” kata Nanda.

Pihaknya juga mendukung upaya PWI yang intens berkolaborasi dengan para mitra dan stakholder, dalam mewujudkan UKW. Sinergitas ini memberikan dampak luas, khususnya meningkatkan kemampuan skill wartawan dan etika dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

Hadir dalam pembukaan UKW, Ketua Komisi Pendidikan PWI Pusat, Hendro Basuki, Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik Gatot Mardiana, bersama Senior Manajer Komunikasi dan CSR Dharma Sunyata, dan Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS serta beberapa pengurus harian.

BACA JUGA: Tim Paramotor Jateng Berlaga di Kejurnas dan Kapuspotdirga Cup 2022

Dalam kesempatan itu, Amir Machmud NS menegaskan, UKW menjadi program mahkota PWI. Artinya, dari 116 kegiatan yang sudah dilaksanakan PWI Jateng sejak Februari 2021 hingga sekarang, UKW adalah program yang selalu menjadi unggulan, karena menyangkut intelektual profesi.

Selain UKW, imbuh Amir, PWI juga menjalin sinergitas dengan berbagai perguruan tinggi, dalam brainstorming media dan pendidikan jurnalistik.

”Sejak tahun 2016, kami sudah menyelenggaraaan 23 kali UKW di berbagai daerah di Jateng. Dari 23 kali penyelenggaraan itu, lima agenda UKW di antaranya berkolaborasi dengan Semen Gresik. Langkah PWI untuk mengadakan UKW tak pernah surut, termasuk menggandeng stakeholder,” tegasnya.

BACA JUGA: Banjir Kepung Kebumen, Ratusan Warga di 3 Kecamatan Mengungsi

Sedangkan Gatot Mardiana menyampaikan, Semen Gresik siap mendukung upaya-upaya PWI Jateng, dalam penguatan kapasitas wartawan melalui UKW.

Dia menilai, sertifikasi wartawan sangat penting bagi seorang insan pers, karena di dalamnya ada transfer pengetahuan. Sehingga wartawan tidak hanya punya kompetensi, tapi lebih bermartabat dan profesional.

”Meningkatkan keterampilan wartawan adalah sifatnya mandatory atau wajib. Harapan kami, kegiatan UKW ini bisa memberikan manfaat dan berkah bagi kita semua,” tandasnya.

BACA JUGA: Tim PkM USM Beri Pelatihan Senam Aerobik secara Daring

Sementara itu, Hendro Basuki menyatakan salut dan mendukung PWI Jateng, yang terus aktif menyelenggarakan UKW. Hendro juga memuji kemampuan para peserta di wilayah Jateng, yang mayoritas kompeten sebagai wartawan, bahkan mayoritas lulus 100 persen dalam setiap UKW.

”Saya berharap PWI Jateng tak bosan untuk terus menggulirkan UKW, untuk meningkatkan martabat wartawan sebagai penghasil karya intelektual. Semoga UKW di Magelang ini lulus 100 persen,” harapnya.

Riyan