blank
Petugas Polsek Karanganyar Kebumen dan Koramil bersama warga membantu memperbaiki rumah yang terkena longsor di Desa Grenggeng.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Hujan lebat menyebabkan longsor menerjang dinding rumah milik Budi (83), warga Desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar, Kebumen, jebol.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres AKP Tugiman menjelaskan , longsor terjadi pada hari Rabu (9/3) petang sekitar pukul 18.05 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa  tersebut. Namun kondisi kerusakan rumah cukup parah. “Longsor disebabkan labilnya tanah tebing di dekat rumah korban,”jelas AKP Tugiman.

Banyaknya peristiwa longsor akhir-akhir ini disebabkan derasnya hujan yang mengguyur Kebumen beberapa waktu terakhir.

Dalam satu minggu terakhir, telah banyak kasus longsor di berbagai daerah di Kebumen dan patut diwaspadai bersama terutama warga yang berada di daerah rawan longsor dan dataran tinggi.

Bagi warga yang tinggal di dataran tinggi atau dekat tebing yang rawan longsor, polisi mengimbau agar waspada. Terutama saat turun hujan lebat yang cukup lama.

Bila memang kondisi membahayakan, sebaiknya warga di dekat dataran tinggi atau di lereng bukit hendaknya menyingkir atau mencari tempat yang lebih aman.

Komper Wardopo