blank
Sumaryoto Padmodiningrat. Foto: Ist

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sumaryoto Padmodiningrat, pengusaha bus yang juga politikus asal Kabupaten Wonogiri, meninggal dunia pada Rabu (9/3/2022) malam karena sakit dan dirawat di RS Medistra Jakarta.

Pengusaha bus AKAP Gajah Mungkur ini meninggal pada usia pada umur 75 tahun. Almarhum dikebumikan di Pasareyan Trah Keluarga Darmo Sutarmo, Kecik Randusari, Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, pada Kamis (10/3/2022) pukul 11.00 WIB.

“Sebetulnya beliau wafat karena memang sudah beberapa waktu terakhir menurun kondisi kesehatannya karena faktor usia. Namun ini tadi pemakamannya sesuai protokol kesehatan,” lanjut

Sumaryoto manusia yang sangat kompleks, berkecimpung di sejumlah bidang, mulai dari politik, usaha, hingga olahraga.

Sebagai pengusaha dia pemilik bus Gajah Mungkur, sekaligus sebagai plitikus PDI Perjuangan, dan mendirikan klub sepak bola Persiwi (Persatuan Sepak Bola Wonogiri) yang berkembang pesat. Kemudiandia membentuk klub sepak bola Gajah Mungkur. Sumaryoto juga pernah menjabat Ketua Pengda PSSI Jateng.

Sebagai politikus Sumaryoto pernah menjadi anggota DPR RI selama tiga periode. Periode 1999-2004 dan 2004-2009, dia terpilih mewakili dapil IV Jateng (Wonogiri, Sragen, Karanganyar). Sedangkan pada periode 2009-2014, ia terpilih mewakili dapil X Jateng (Pemalang, Pekalongan, Kota Pekalongan dan Batang).

Warga Wonogiri di perantauan juga sangat mengenang jasa Sumaryoto yang mendirikan

mendirikan Ikatan Paguyuban Warga Wonogiri Seluruh Indonesia (IPKWSI). Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan di Wonogiri adalah droping air bersih di daerah kekeringan.

Selamat jalan Pak Sumaryoto.

Widiyartono R.