Embung Kemadoh, Desa Jegong, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) –  Bencana banjir pada Selasa sore (8/3/2022) lalu merendam pemukiman warga Dukuh Kemadoh, Desa Jegong, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora. Banjir terjadi akibat luapan sungai sekitar Embung Kemadoh, mengundang keprihatinan Bupati Blora.

Pascakejadian itu, Rabu sore (9/3/2022), Bupati Blora bersama OPD terkait, yakni Dinas DPUPR Blora langsung ke lokasi, untuk mengecek perkembangan penanganan korban banjir turut hadir mendampingi Dandim Letkol. Inf. Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos., M.Tr (Han).

Beberapa Kepala OPD yang ikut mendampingi adalah Kepala Pelaksana BPBD Blora, Kepala Dinas Sosial P3A, Kepala Dinrumkimhub, Bappeda, hingga Baznas Kabupaten Blora.

Di lokasi Bupati dan Dandim Blora, menyempatkan masuk rumah warga yang dekat dengan sungai dan berdialog dengan korban banjir, dan menyalurkan bantuan dari pemerintah.

Akibat Hujan Deras

Di hadapan Bupati Blora, Kepala Desa Jegong, Dianto menyampaikan bahwa ada 16 Kepala Keluarga yang menjadi korban banjir pada Selasa lalu mulai sore hingga petang.

“Banjir mulai datang sekitar jam 16.30 WIB sore hari, sehingga warga langsung bersiap mengungsi di pemukiman yang lebih tinggi. Dan berangsur surut mulai sekira 20:00 WIB. Diperkirakan akibat tingginya curah hujan di hulu sungai sehingga sampai Kemadoh sini meluap,” ujar Kades Dianto.

Kepala Pelaksana BPBD Blora, Slamet Widodo, menerangkan ketika mendapatkan laporan banjir, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Kades dan Pejabat Kecamatan, untuk menerjunkan petugas.