blank
Musrenbang Keren di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. Foto: ISt

BLORA (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blora Rabu (9/3/2022) melaksanakan Musrenbang Keren atau Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelompok Rentan untuk kedua kalinya.

Musrenbang tersebut  dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati dengan mengundang seluruh unsur kelompok rentan yang meliputi perempuan, lansia, difabel, hingga anak atau pelajar.

Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., hadir berkesempatan membuka acara Musrenbang Keren  didampingi Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., Kepala Bappeda A. Mahbub Djunaidi, S.Pd., M.Si., dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Hj. Ainia Sholichah, SH., M.Pd.AUD., M.Pd.BI.

Bupati Blora dalam sambutannya menyampaikan bahwa Musrenbang Keren ini merupakan tahun kedua yang dilaksanakan setelah tahun lalu dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan 2022, dan kali ini untuk menyusun perencanaan pembangunan 2023.

“Musrenbang Keren kali ini untuk menyerap aspirasi dan usulan pembangunan dari kalangan perempuan, lansia, difabel, dan anak. Melalui forum ini semoga ada banyak masukan program kegiatan yang disampaikan untuk landasan penyusunan perencanaan pembangunan tahun 2023,” ucap Bupati.

Melalui Musrenbang Keren ini, Bupati mengajak seluruh stakeholder yang hadir untuk Sesarengan mBangun Blora, mewujudkan Blora yang sehat, ramah anak, dan ramah difabel.

“Usulan yang disampaikan dari Musrenbang ini nantinya kita minta untuk dirangkum dan dijadikan program dalam Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RPKD). Kita ingin perempuan juga punya andil dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Blora. Khusus untuk difabel, kita minta OPD terkait bisa terus mengawal penyusunan Perda tentang Difabel,” lanjut Bupati.

Yang tidak kalah penting menurut Bupati adalah penanggulangan stunting dan pencegahan pernikahan dini yang kerap menimbulkan permasalahan pada kaum perempuan.

“Target new zero stunting mangga kita wujudkan bersama. Termasuk kesetaraan gender dalam pelaksanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Blora,” sambung Bupati.

Bupati juga menandaskan untuk fokus pada penguatan kualitas dan daya saing SDM melalui penurunan angka kematian ibu, balita stunting, dan gizi buruk, peningkatan SDM jenjang sarjana terutama pada masyarakat kurang mampu, peningkatan kualitas kepemudaan dalam pembangunan, dan peningkatan peran perempuan dalam pembangunan.

Sementara itu, Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., menyampaikan beberapa permasalahan kelompok rentan yang perlu disikapi bersama untuk menyusun program penanganannya.

Di antaranya peningkatan akses pelayanan masyarakat yang responsif difabel, pemberdayaan ekonomi difabel, penanganannya gizi buruk, stunting, kekerasan pada anak, hingga pemberdayaan ekonomi perempuan.

“Mari kita rembugan bersama untuk menyusun program penanganannya,” ucap Wakil Bupati.

Usai dibuka Bupati, acara dilanjutkan dengan diskusi yang diikuti perwakilan dari TP PKK, Muslimat, Aisyiyah, GOW, Bhayangkari, Persit, IBI, IIDI, Forum Genre, Forum OSIS, Forum Anak Blora, LVRI, dan Komunitas Difabel Blora Mustika.

Peserta ada 26 organisasi yang diundang dalam kegiatan Musrenbang Keren, termasuk keterwakilan dari LSM dan tokoh masyarakat, hingga OPD terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Sosial P3A, Dinas Kesehatan, dan Dinas Dalduk KB Kabupaten Blora.

Kudnadi