blank
Bupati Eisti'anah (keenam dari kiri), menyaksikan penandatanganan komitmen untuk kemajuan Pemkab Demak, yang dilakukan oleh semua perangkat daerahnya. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)- Bupati Demak Eisti’anah. bersama para pejabat perangkat daerah, menandatangani komitmen bersama Program Satu Data, Demak, Smart City, Sp4n Lapor, di Gedung Ghradika Bina Praja, Kabupaten Demak, Selasa (8/3/2022).

Penandatanganan diawali Bupati Eisti’anah disusul Wakil Bupati Ali Makhsun, Sekda Singgih Setyono, serta para asisten. Kemudian dilanjutkan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Seusai penandatanganan dilanjutkan penyerahan penghargaan PPID Award 2021 kepada delapan PPID Pembantu, di jajaran perangkat daerah. Kedelapan PPID Pembantu yang masuk dalam kategori menuju informatif itu meliputi Dinkominfo, Dinnakerind, RSUD Sunan Kalijaga, Dindikbud, BPBD, Dindakop UKM, Dinkes serta Dinsos P2PA, yang diterima pimpinan OPD masing masing.

BACA JUGA: 456 Siswa Semaba PK Pria TNI AU ikuti Latganda

Dalam kesempatan yang sama, Bupati juga menyerahkan penghargaan KI Award dari KIP Provinsi Jawa Tengah, yang diraih dua OPD, masing-masing Dinas Kominfo dan RSUD Sunan Kalijaga.

Kepala Dinas Kominfo, Endah Cahyarini, dalam laporanya menyampaikan hasil dari komitmen yang dilakukan hampir di semua sisi, telah membuahkan hasil yang maksimal. Program Smart City misalnya, mendapatkan penghargaan kategori smart society dengan quick win ‘Cengkraman Mata Elang’.

Sedangkan untuk Program Sp4n Lapor membuahkan capaian membanggakan, dengan mengharumkan nama Demak di tingkat Nasional sebagai Pengelola Layanan Aduan Terbaik se-Indonesia Tahun 2021.

blank
Pemkab Demak Bertekad untuk mewujudkan komitmen bersama demi kemajuan daerah. Foto: rudy

BACA JUGA: Juara Umum 3 di Yogyakarta, Crosser Regi Makin Matang Menuju Kejurnas

”Kemudian Keterbukaan Informasi Publik, selama dua tahun berturut-turut (2020-2021), Kabupaten Demak berhasil mendapatkan penghargaan dari Komisi Informasi Jateng, sebagai Kabupaten Informatif, dengan menduduki posisi 3 Besar dari 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah,” kata Endah dalam keterangannya.

Dalam pengarahannya itu, bupati juga menyampaikan, penandatangan komitmen itu dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, transparan, efektif, efisien, dan akuntabel.

”Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya penandatanganan komitmen bersama ini, yakni Program Smart City, Satu Data Demak, SP4N Lapor, dan Keterbukaan Informasi Publik. Semua program itu merupakan kerja kolaboratif seluruh perangkat daerah yang ada di Kabupaten Demak,” ungkap bupati.

Menurutnya, penghargaan ini juga membuktikan adanya akuntabilitas keterbukaan informasi publik, yang dilakukan jajaran Pemkab Demak. Apa yang telah diraihnya itu, diharapkan dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja dan inovasi.

Rudy-Riyan