blank

SEMARANG – Dosen Kebidanan dan Fakultas Agama Islam Unissula mengadakan pengabdian masyarakat di desa Tambahsari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal (27/1/2022). Mereka mengangkat tema asuhan kebidanan berbasis syariah yaitu optimalisasi kelas ibu hamil melalui birth preparation center untuk peningkatan kesiapan fisik, psikis, dan spiritual pada ibu hamil di masa pandemic Covid 19.

Menurut ketua departemen kehamilan RR Catur Leny Wulandari SSiT MKeb, Kehamilan di era pandemic Covid-19 menyebabkan timbulnya kecemasan tersendiri bagi ibu hamil. Dari berbagai penelitian kebanyakan menyimpulkan bahwa kehamilan menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap gejala Covid-19 yang berat karena sistem kekebalan tubuh wanita hamil berubah.

Ibu hamil tidak hanya harus sehat raganya saja tetapi juga sehat jiwanya yang artinya bahwa sang ibu harus dalam keadaan normal jasmani dan rohani yang tidak memiliki gangguan dan dapat berfungsi dengan baik. Aspek spiritual juga belum tercakup dalam pelayanan yang diberikan, padahal adaptasi spiritual dibutuhkan seorang ibu hamil untuk mengurangi kecemasan serta mempersiapkan kecerdasan anak sejak dalam kandungan.

Salah satu usaha pengembaliannya adalah dengan mengintegrasikan spiritualitas terhadap
ilmu kebidanan yang diaplikasikan melalui prevensi, promosi dan edukasi. Manajemen ini diharapkan dapat membawa perempuan kembali kepada Tuhan, alam dan lingkungannya sehingga terjadi keseimbangan.

Pengabdian dibuka oleh Kepala Desa Tambahsari, Limbangan Kendal dan Bidan Puskesmas Limbangan dengan jumlah peserta 20 ibu hamil yang terbagi dalam 2 kelompok kelas ibu hamil dengan materi persiapan spiritual ibu hamil oleh dosen FAI Muchamad Coirun Nizar SHI Shum MHI. Materi persiapan fisik dengan penggunaan Thibun Nabawi dari hasil penelitian oleh Arum Meiranny SSiT MKeb dan Alfiah Rahmawati SSiT MKeb. Edukasi kebutuhan psikis oleh Atika Zahria SSiT MKeb dan ditutup dengan senam hamil oleh intruktur Muliatul Jannah SSiT MBiomed.

Hasil dari pengabdian masyarakat tersebut, mejaga keseimbangan fisik, psikis, dan spiritual akan membawa kesehatan yang lebih baik pada ibu hamil sehingga dalam menjalani dan menghadapi persalinan normal dapat lebih yakin dan terbebas dari persoalan psikologis.