blank
Tim Satgas Covid-19 Wonogiri bersama relawan Jogo Tonggo, menguburkan jenazah secara prokes pada waktu malam hari di TPU Belikwatu, Baturetno, Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sehari, dikuburkan lagi empat jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Yakni di Kecamatan Baturetno, Giriwoyo, Selogiri dan di Kecamatan Wonogiri Kota.

Dalam kurun waktu sepekan terakhir ini, di Kabupaten Wonogiri setidak-tidaknya telah dikuburkan sebanyak 20 jenazah secara Prokes pencegahan penularan wabah virus corona.

Prosesi penguburannya berlangsung tanpa mempedulikan waktu malam hari. Sebagaimana dilakukan pada penguburan jenazah Nenek S (71) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Belikwatu, Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno, Wonogiri, misalnya, berlangsung Selasa (22/2) Pukul 22.15 sampai Pukul 23.45.

Pemulasaraan jenazah (pangrukti layon)-nya dilakukan oleh tim medis RS Mulia Hati, Selogiri, Wonogiri. Tempat dimana yang bersangkutan menjalani opname sampai meninggal. Kemudian prosesi penguburannya dilaksanakan Tim Satgas Covid-19 Wonogiri bersama relawan Jogo Tonggo.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, Rabu (23/2), menyatakan, pada Hari Selasa (22/2), ada empat jenazah yang dimakamkan secara Prokes.

Rumah Sakit

Dua dari 4 jenazah pemulasaraannya dilakukan oleh Tim Medis RS Mulia Hati Selogiri, Wonogiri, dan dua jenazah lagi di RS PKU Muhammadiyah Nambangan, Selogiri, Wonogiri.

blank
Penguburan jenazah secara Prokes di TPU Gemantar, Selogiri, Wonogiri, ini dilaksanakan oleh Relawan Jogo Tonggo yang mengenakan APD warna-warni.

Penguburannya berlangsung sore, petang dan malam hari. Untuk penguburan secara Prokes di Kecamatan Giriwoyo, berlangsung di TPU Lajang, Desa Tukulrejo, Giriwoyo. Yakni jenazah Kakek T (84) yang prosesi penguburannya dilaksanakan oleh Tim Satgas Covid 19 Kabupaten Wonogiri. Berlangsung Pukul 16.40 sampai Pukul 17.05.

Kemudian yang di Kecamatan Wonogiri Kota, adalah jenazah Ny S (61), dikuburkan di TPU Pokoh, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri Kota, oleh Relawan Kamboja Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Wonogiri. Berlangsung mulai Pukul 16.35 sampai Pukul 17.11.

Berikut penguburan di Kecamatan Selogiri, adalah jenazah Nenek L (81), dilaksanakan oleh Relawan Jogo Tonggo Desa Gemantar mulai Pukul 16.15 sampai Pukul 16.55 bertempat di TPU Desa Gemantar, Selogiri.

Semua penguburan berlangsung dalam koordinasi dengan BPBD Kabupaten Wonogiri. Ikut hadir unsur Forkompimcam, aparat desa dan perangkat kelurahan, tenaga kesehatan dari Puskesmas serta perwakilan dari keluarga.

Bambang Pur