blank
Prosesi pemakaman jenazah secara Prokes di Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, berlangsung malam hari dengan bantuan penerangan darurat.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Di Kabupaten Wonogiri, terjadi lagi pemakaman empat jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan penularan Covid-19. Dengan demikian, dalam tempo empat hari terakhir ini, di Wonogiri telah dimakamkan 10 jenazah secara Prokes.

Tiga dari empat jenazah yang dimakamkan menyusul tersebut, berasal dari RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, dan satu jenazah dari Rumah Sakit (RS) Dokter Oen Kandang Sapi Surakarta.

Lokasi pemakamannya di empat wilayah kecamatan. Yakni di Kecamatan Slogohimo, Wonogiri Kota, Wuryantoro dan di Kecamatan Girimarto.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyebutkan, tiga jenazah dimakamkan Minggu (13/2) dan satu jenazah dikuburkan Sabtu malam (12/2).

Dua dari empat jenazah dikuburkan oleh Tim Satgas Pemakaman Covid-19 Kabupaten Wonogiri dan dua lainnya oleh relawan Jogo Tonggo.

Pemulasaraan

Yang dimakamkan di Kecamatan Slogohimo adalah jenazah pria berinisial P (67). Pemulasaraan jenazah (pangrukti layon)-nya dilakukan oleh pihak RS Dokter Oen Kandang Sapi Surakarta.

Kemudian penguburannya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dolongan, Desa Watusomo, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Minggu malam (13/2), oleh relawan Jogo Tonggo.

blank
Tim Satgas Pemakaman Covid-19 Kabupaten Wonogiri, melaksanakan tugas pemakaman jenazah secara Prokes di Kecamatan Wuryantoro.

Penguburan secara Prokes di Kecamatan Wonogiri Kota, adalah jenazah seorang wanita Ny S (66). Pemulasaraan jenazahnya dilakukan pihak RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, dan dikuburkan di TPU Giriwono oleh Tim Satgas Pemakaman Covid-19 Wonogiri.

Selanjutnya yang dimakamkan di Kecamatan Wuryantoro, adalah jenazah Kakek S (82) yang pemulasaraan jenazahnya dilakukan Tim Medis RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, dan dikuburkan di TPU Mojopuro, Wuryantoro oleh Tim Satgas Pemakaman Covid-19 Wonogiri.

Berikut penguburan di Kecamatan Girimarto adalah jenazah seorang pria berinisial M (69) yang pemulasaraan jenazahnya dilakukan oleh Tim Medis RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, dan prosesi penguburannya berlangsung di TPU Dawuhan Desa Jatirejo, Kecamatan Girimarto, oleh Tim Relawan Jogo Tonggo.

Jajaran Forkompimcam di empat kecamatan tersebut, hadir menunggui prosesi pemakaman bersama tenaga medis (Nakes) dari Puskesmas. Juga hadir Pamong Desa dan perwakilan dari keluarga duka. Selama penguburan, mendapatkan pendampingan pengamanan dari Polsek dan Koramil.

Bambang Pur