Pintu masuk Benteng Vastenburg Surakarta  yang menjadi lokasi Rumkitlap. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – TNI mengoperasikan kembali Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) di Benteng Vastenburg Surakarta.

Pengoperasian Rumkitlap yang bisa menampung sekitar 80 pasien sebagai langkah mengantisipasi kebutuhan tempat isolasi bagi pasien yang terkena  paparan Covid- 19.

“Rumkitlap untuk sementara dikhususkan bagi pasien pria dengan status orang tanpa gejala (OTG) dan yang bergejala ringan,” terang Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama Kol Inf Rudy Saladin, ketika ditemui di sela sela acara pemusnahan barang bukti di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Surakarta, Selasa (15/2/2022)

Kolonel Infantri Rudy Saladin didampingi Dandim 0735 Surakarta  Letkol Inf Devi Kristiono dan Dandenpom  Surakarta  Letkol CPM  Ahmad Suraidy, membeberkan Rumkitlap di benteng Vastenburg sudah disiapkan secara optimal.

Kolonel Infantri Rudy Saladin didampingi Dandim 0735 Surakarta  Letkol Inf Devi Kristiono (kanan) dan Dandenpom  Surakarta  Letkol CPM  Ahmad Suraidy (kiri) tengah memberikan keterangan kepada wartawan terkait  pengoperasian Rumkitlap di Benteng Vastenburg. Foto: Bagus Adji

Selain tenaga kesehatan juga fasilitas kesehatan termasuk operasionalnya sudah siap. Tenda fasilitas tempat tidur, genset dan lainnya sudah tersedia. Sedangkan tenaga kesehatan dari RS Slamet Riyadi juga sudah siap back up bila sewaktu waktu ada pasien yang diarahkan ke Rumkitlap .

Diakui, hingga saat ini memang masih belum ada  pasien dari wilayah Surakarta yang melaksanakan isoman  di situ. Namun dalam kordinasi sudah direncanakan apabila  nanti  Isolasi terpusat (isoter) di Ndalem  Priyo Suhartan sudah melampaui  BOR maksimal,  kemungkinan pasien akan diarahkan ke Rumkitlap beteng Vastenburg.

Rumkitlap bentuknya terdiri  tenda lapangan dengan velbed  dilengkapi pendingin udara . Kondisinya layak untuk semua pasien.  Namun sementara ini kita priortaskan untuk  pasien priya.

“Nanti akan diatur untuk pasien wanita mungkin. Mengenai jumlah tenaga medis yang betugas dalam satu tim sebanyak 15 orang. Namun demikian jumlah tenaga medis  nantinya disesuaikan dengan  jumlah pasien,”  jelasnya.

Bagus Adji

 

 

 

 

 

Keterangan gambar :

 

 

 

Danrem:

 

 

 

 

 

Wajah/ muka benteng;

 

Pintu masuk Benteng Vastenburg Surakarta  yang menjadi lpkasi Rumkitlap (Bagus Adji)