blank
Ririek Adriansyah (kiri), menyerahkan cinderamata kepada Pimpinan Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal, usai acara kunjungan ke fasilitas data center Telkom Group. Foto: dok/humas telkom

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Sejalan dengan arahan Menteri BUMN RI, Erick Thohir, untuk fokus ke arah bisnis digital, PT Telkom Indonesia terus mengembangkan dan memperkuat kapabilitas platform digitalnya, melalui pembangunan serta penataan bisnis data center yang dimiliki Telkom Group.

Terkait hal itu, belum lama ini Telkom Group memperoleh Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI, ke fasilitas data center di tiga lokasi, Serpong, Sentul, dan Cikarang.

Kunjungan itu dimaksudkan, untuk melihat sejauh mana progres pembangunan dan kondisi terkini fasilitas data center, yang dimiliki Telkom Group. Dalam kunjungannya, delegasi anggota Dewan disambut Direktur Utama PT Telkom Ririek Adriansyah dan jajaran direksi Telkom.

BACA JUGA: Covid-19 di Kabupaten Magelang Kembali Naik ke Level III

Turut hadir dalam kegiatan itu, pimpinan anak perusahaan PT Telkom, antara lain Direktur Utama Telkomsigma Bhimo Aryanto dan Direktur Utama Sigma Tata Sadaya Andreuw Th AF.

Dalam kesempatan itu, Ririek Adriansyah mengungkapkan, saat ini progres pembangunan Hyperscale Data Center Cikarang Fase 1, telah selesai dilakukan.

”Total kami memiliki 27 data center yang saling terhubung. Termasuk yang berskala besar, Hyperscale Data Center di Cikarang ini. Pengembangan data center merupakan salah satu wujud keseriusan Telkom, untuk menjadi pemain besar pada bisnis digital platform, yang juga sejalan dengan langkah transformasi dan visi Telkom menjadi digital telco,” kata Ririek.

BACA JUGA: 2 Titik Tanah Longsor Menutup Jalur Alternatif Pingit- Sumowono

Menurut dia, permintaan pasar data center di Indonesia tumbuh sangat pesat, sehingga menjadi peluang besar bagi Telkom untuk menjadi pemain dominan di market. Dikatakan dia, Data center akan sangat bermanfaat pada perkembangan teknologi 5G nantinya.

Dijelaskan pula, sebenarnya tak hanya infrastruktur saja, namun Telkom juga menawarkan konsep lengkap dalam bisnis data center. Telkom memiliki tiga aspek penting dalam bisnis data center, yakni seamless, connectivity, dan eyeball.

Seamless ini karena terhubung dengan seluruh data center milik Telkom Group, termasuk juga ke edge data center. Lalu connectivity karena Hyperscale Data Center terhubung dengan infrastruktur backbone broadband Telkom Group. Terakhir, akses kepada pelanggan Telkom Group (eyeball), yang merupakan pengguna bisnis digital.

BACA JUGA: Disertai Ancaman dan Kekerasan, Bank Plecit di Wonogiri Meresahkan Masyarakat

Sementara itu, Mohamad Hekal selaku Pimpinan Komisi VI DPR RI, mengapresiasi perkembangan data center milik Telkom Group. Terutama terkait progres pembangunan Hyperscale Data Center, yang berlokasi di Cikarang.

”Kami sangat bangga dengan perkembangan data center yang dilakukan Telkom. Terutama dengan pembangunan Hyperscale Data Center, yang sekarang kita kunjungi ini. Alhamdulillah hari ini kita dengar, Telkom telah memiliki fasilitas dengan kualitas tier 3 dan tier 4, dengan tingkat keamanan 99,99 persen. Hal itu sangat membanggakan, dan mudah-mudahan ini bisa turut mendukung pengembangan teknologi di masa yang akan datang,” ujar Mohamad Hekal.

Dia berharap, data center milik Telkom bisa mendukung perusahaan rintisan (start up) anak negeri, dan menjadi tulang punggung bagi perkembangan digitalisasi Indonesia.

BACA JUGA: Unsiq Jateng di Wonosobo Terjunkan 1.294 Mahasiswa KPM di 9 Daerah

”Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan kemampuan Indonesia untuk dapat mendukung start up baru yang akan muncul dari anak negeri. Selain itu juga, dapat menjadi tulang punggung untuk perkembangan digitalisasi Indonesia, supaya kita bisa mengikuti perkembangan zaman dengan teknologi yang paling terkini,” tambahnya.

Sedangkan anggota Komisi VI DPR RI lainnya, Eko Hendro Purnomo, mengapresiasi keseriusan Telkom dalam mengembangkan data center. Dia menyebut, ke depannya kebutuhan data center akan sangat tinggi, dan akan sangat bermanfaat bagi generasi dalam negeri.

”Saya bangga melihat pengembangan data center yang dilakukan Telkom. Di sini saya melihat keseriusan yang luar biasa, bagaimana Telkom berusaha untuk mengembangkan data center ini. Karena saya yakin, ke depannya data center ini sangat dibutuhkan,” imbuh Eko.

BACA JUGA: Bupati Kudus Bagikan Bantuan untuk Kaum Dhuafa

Dia juga menyebutkan, data center bisa untuk melayani start up, apalagi kalau milik anak-anak negeri. Selain itu, kebutuhan data center ke depan juga sangat tinggi, baik berkaitan dengan kebutuhan start up, maupun (industri) game, dan juga aplikasi-aplikasi lain, yang kini makin berkembang.

”Dengan kapasitas dan kapabilitas Telkom mengembangkan platform digital melalui data center, diharapkan dapat mengakselerasi digitalisasi Nasional. dan menjadikan Indonesia ke depannya yang lebih baik lagi,” tukas Ririek.

Riyan