blank
Personel Polsek dan Koramil serta aparat Kantor Kecamatan Kismantoro, melakukan kerja bakti gotong royong di lokasi bencana longsor, bersama pamong desa dan warga.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bencana tanah longsor terjadi lagi di Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Ini menjadi bencana tanah longsor kedua di Kismantoro dalam kurun waktu sepekan terakhir ini.

Material longsorannya, berdampak menjebol dinding tembok rumah warga. Merusak rumah milik petani Semo (48), di Lingkungan Ploso RT 02/RW 08, Kelurahan Kismantoro, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri.

Warga menyebutkan, bencana tanah longsor tersebut terjadi setelah turun hujan lebat selama sekitar 3 jam. Menyebabkan air meluap ke mana-mana dan memicu terjadinya pergerakan tanah lereng tebing.

Yang puncaknya, terjadi ada bagian sisi lereng tebing ambrol dan material longsorannya menghantam dinding tembok rumah Semo, sampai menyebabkan jebol bolong. Bencana ini terjadi Senin pagi (14/2) Pukul 07.00.

Pihak Forkompimcam Kismantoro, melaporkan, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam bencana tanah longsor ini. Senin (14/2), Kanit Reskrim Polsek Kismantoro Bripka Maryanto Sugino Putro dan Briptu Okky bersama anggota TNI dari Koramil-20 dan Camat Kismantoro, Andika Krisnayana, mendatangi lokasi untuk melakukan penanganan darurat.

Bersama pamong desa, pengurus RT/RW dan warga masyarakat, dilakukan kerja bakti gotong royong menyingkirkan material longsoran yang merusak rumah Semo. Kepada korban juga diberikan bantuan logistik.

Kepada warga masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya, mengingat belakangan masih turun hujan deras yang berpotensi memicu terjadinya bencana tanah longsor.

Bambang Pur