blank
Yoyok Sukawi (kiri), mengapresiasi Pemprov Jateng yang telah menyelesaikan pembangunan Stadion Jatidiri. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, belum lama ini melakukan uji coba lampu Stadion Jatidiri Semarang. Dalam uji coba itu, lampu berkekuatan 2.500 lux ini mampu menerangi seluruh sudut stadion.

Kepala Balai Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (BPPLOP) Jateng, Cecilia Eni Kurniati mengatakan, Stadion Jatidiri kini telah diterangi lampu dengan kekuatan sesuai standar.

”Lux-nya 2.500 lux. Lampunya berjumlah 265 lampu. Ini stadion internasional,” kata Cecilia, saat memantau tes lampu Stadion Jatidiri.

BACA JUGA: Perayaan Valentine yang Bermula dari Perlawanan terhadap Kaisar

Sedangkan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng Nugroho menambahkan, pihaknya telah mendapatkan izin dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, untuk mengecek lampu stadion.

”Bersamaan dengan evaluasi lanjutan dari Inspektorat Jateng, terkait dengan penyelesaian kegiatan konstruksi 2021 yang sudah selesai, ini dilakukan evaluasi lanjutan. Momentum ini kebetulan saya komunikasikan dengan Pak Yoyok Sukawi, selaku CEO PT Mahesa Jenar PSIS Semarang, untuk ikut melihat uji coba penyalaan lampu stadion ini,” ujar Sinoeng.

Sehingga, imbuhnya, mana yang masih dirasa kurang, atau perlu ditambah di stadion, dapat segera dilakukan langkah konkret, mengingat saat ini masih dalam masa pemeliharaan. Pihaknya optimistis, stadion akan selesai semuanya sebelum akhir 2022.

BACA JUGA: Tulisan Menyentuh Suho Exo untuk Exo-L Setelah Akhiri Tugas Militernya

blank
Lampu yang berpendar di Stadion Jatidiri, seolah tak ada lagi death spot di area itu. Foto: dok/ist

”Clear 100 persen 2022, Insya Allah. Kita berusaha, pekerjaan itu bisa dikebut sebelum akhir tahun. Atau paling tidak November akhir kita bisa,” tuturnya.

Terkait penggunaan stadion untuk pertandingan Liga 1, tambahnya, masih menunggu verifikasi dari PSSI. Bila nanti masih ada yang kurang, tentu akan ada langkah antisipatif untuk memenuhi kekurangannya.

Harapannya, setelah stadion selesai tim PSIS Semarang selaku tim yang akan memanfaatkannya menjadi kandang (home base), bisa bermain maksimal.

BACA JUGA: Rindu Pebulutangkis Asli Kudus yang Menjadi Juara Dunia

”Ke depan, tahun ini Insya Allah kita akan tuntaskan Stadion Jatidiri. Dan mohon doa restu, kita jadwalkan Timnas lawan PSIS di sini. Insya Allah nanti kalau kita bisa komunikasi dan seizin PSSI, tentunya,” ucapnya.

Sementara itu, CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, dibuat takjub dengan lampu stadion yang menyala terang. Bahkan dia menilai, lampu Stadion Jatidiri memiliki spek tinggi.

”Sampai ke ujung sana (sudut stadion) lampunya tetap terang. Ini enak, lega. Biasanya lampu fokus di tengah. Cari death spot hampir tidak ada. Semuanya diterangi dengan bagus. Bahkan ada lampu warna warni, mungkin kalau gol bisa klip-klip,” pujinya.

Pihak PSIS sendiri mengapresiasi kerja dari Pemerintah Provinsi Jateng, atas dukungannya kepada tim PSIS dan sepak bola Jateng. ”Ini merupakan ikon, bahwa Jateng sudah siap untuk bangkit sepakbolanya,” tukas Yoyok.

Riyan