TNI melaksanakan karya bakti bersama warga Desa Wadas. Foto: Dok/ist

PURWOREJO (SUARABARU.ID) – Kepala Pembinaan Mental (Kabintal) Kodam IV/Diponegoro, Letkol  Caj Tauhid didampingi Dandim 0708/Purworejo, Letkol Inf Lukman Hakim gelar karya bakti dan baksos saat kunjungan ke Dusun Krajan, Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Sabtu (12/2/2022).

Kabintaldam IV/Diponegoro menyampaikan, kunjungannya ini dalam rangka melakukan dialog dengan tokoh agama dan warga yang saat ini sedang mengalami permasalahan sosial yang berkaitan dengan proyek pembangunan Bendungan Bener.

“Hari ini saya bisa bersilaturahmi dengan warga untuk mengurai permasalahan sehingga masyarakat di Desa Wadas tidak terpecah belah,” ungkapnya.

Kabintal menyampaikan, TNI hadir melalui pendekatan keagamaan dengan menyerahkan kitab suci Al Quran di Masjid Nurul Huda. Diharapkan ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana ibadah, sehingga bisa terjalin hubungan yang harmonis demi terciptanya suasana yang dingin antara kedua kelompok yang masih berseteru.

Selain itu juga puluhan aparat TNI, Polri, Pemda bersama warga  melaksanakan karya bakti dengan sasaran pengecatan Masjid Al Hidayah di Dusun Winong, serta 4 mushola yang tersebar di Desa Wadas.

Tidak hanya itu, beberapa perwakilan dari Kodim 0708/Purworejo juga menyerahkan bantuan sembako serta melaksanakan jambanisasi untuk warga.

“Semoga kegiatan ini bisa menyatukan masyarakat, sehingga bisa melakukan kehidupannya secara normal dan pembangunan yang direncanakan oleh negara akan berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu Kyai Baharudin selaku tokoh agama setempat menyambut baik kehadiran Bintaldam dan Kodim 0708/Purworejo. Ia menuturkan, ada pemahaman yang sama bahwa masyarakat perlu cooling down untuk bisa guyub rukun kembali.

“Terima kasih atas bantuan Al Qur’an yang diberikan, semoga ini bermanfaat untuk jamaah masjid dan mushola di Desa Wadas,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ulung Hapsara dari Komnasham RI, Sekcam Kecamatan Bener, Vivin Wulandari Feriyani S.Stp., M.M., tokoh masyarakat Desa Wadas, Suud dan para santri Desa Wadas.

Ning