blank
Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo SH SIK MH. Foto: Bagus Adji

KLATEN (SUARABARU.ID) – Penyebaran covid-19 varian Omicron di Kabupaten Klaten mencapai 250 kasus aktif. Untuk mengantispasi meningkatnya kasus aktif  telah dibuka 24 Fasyankes guna mempercepat pelaksanaan vaksinasi.

“Kasus aktif covid–19 varian Omicron sampai sore ini sudah diangka 250. Sedangkan angka kematian sejak Januari 2022 tercatat lima kasus dan kesemuanya komorbid. Guna mengatasinya kuncinya tinggal dua  yaitu pertama adalah percepatan vaksinasi dan ketaatan masyarakat mematuhi protokol kesehatan di antaranya selalu memakai masker”, kata Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo SH SIK MH, Rabu (9/2).

Percepatan pelaksanaan vaksinasi sebagaimana instruksi Bupati Klaten , lanjut AKBP Eko Prasetyo, sehubungan masih ditemukan adanya masyarakat yang belum melaksanakan vaksin dosis  pertama maupun kedua.  Sesuai data, masyarakat yang telah melaksanakan vaksin dosis pertama  tercatat 91,83 persen.

Sedangkan vaksinasi  dosis kedua mencapai 83,48 persen. Untuk capaian vaksinasi booster (dosis ketiga) masih agak rendah baru 3,86 persen. Untuk itu di Kabupaten Klaten telah dibuka 24 Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) dan mempersilahkan masyarakat yang belum tervaksin untuk melakukan vaksinasi.

Atau pun yang sudah memenuhi syarat enam bulan dipersilahkan melakukan booster di Fasyankes. Selain itu pemberian vaksin juga dilakukan di Klinik Pratama yang buka setiap hari

“Kami mengimbau kepada masyarakat dengan seruan ‘ayo kita vaksin’. Kuota  saat ini tidak terbatas. Silakan kalau mau datang. Biar masyarakat cepat tervaksin itu pertama.  Kedua saya minta tolong kepada rekan media untuk menyampaikan kepada masyarakat menyangkut ketaatan menerapkan protocol kesehatan salah satunya memakai masker.  Dua hal ini  merupakan kunci untuk menekan angka penyebaran covid,” jelasnya sembari menambahkan target yang harus dicapai yakni  pencapaian 100 persen vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Diakui vaksin booster diperuntukan semua  usia.  Namun untuk waktu dekat diprioritaskan bagi lansia sehubungan kelompok ini selain rentan juga mempunyai komorbid.

Bagus Adji