Sekda Wonogiri, Haryono (ketiga dari kanan) menyampaikan menu kenduri ke Wartawan KR Joko Santosa (kedua dari kiri). Ikut mendampingi Kabag Humas Haryanto (kanan), Asisten Sekda Wiyanto dan Pranata (kedua dari kanan dan paling kiri).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sekda Wonogiri, Haryono, menyatakan, peran wartawan sangat penting dalam menyampaikan kebenaran tanpa harus membuat keruh airnya. ”Sehingga tercipta iklim yang sejuk,” tegasnya.

Penegasannya ini, Rabu (9/2), disampaikan saat mewakili Bupati Wonogiri, dalam acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 di ruang Bagian Prokopim Pemkab Wonogiri.

Atas inisiatif Kabag Prokopim Pemkab Wonogiri, Haryanto, digelar acara sederhana peringatan HPN Tahun 2022 secara sederhana. Ditandai dengan acara kenduri untuk sarana doa bersama.

Ikut hadir dua Asisten Sekda Pemkab Wonogiri, Wiyanto dan Pranata, bersama aparat di Bagian Prokopim Pemkab Wonogiri dan para awak media yang setia melakukan liputan di Kabupaten Wonogiri.

Sekda Haryono, menyatakan, di era kemajuan TI sekarang ini, begitu mudah semua orang membuat dan mengunggah khabar berita informasi di media sosial (Medsos). Meskipun, data dan fakta yang dijadikan materi unggahannya, tidak datang dari sumber berkompeten.

Insan Jurnalis

Lain halnya dengan wartawan, sebagai insan jurnalis yang menjadi bagian penting dari media mainstream, karyanya dituntut harus akurat, benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Berkait itu, Sekda Haryono, berharap, peran wartawan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam jalinan kerjasama dengan Pemkab Wonogiri.

Dalam kesempatan tersebut, Wartawan KR, Joko Santosa, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Wonogiri yang peduli menggelar acara peringatan HPN. ”Atas nama pribadi dan rekan-rekan, saya menghaturkan terima kasih. Bila selama ini kami ada salah, mohon dimaafkan,” ujarnya.

Secara nasional, peringatan HPN yang puncaknya jatuh pada Rabu (9/2) hari ini, dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Peringatan kali ini, mengambil tema ‘Sultra Jaya Indonesia Maju.’

Bambang Pur