blank
Vaksinasi siswa di MI Sabilul Khoirot Desa Jojo, Kecamatan Mejobo yang diprakarsai BIN Daerah Jateng. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah Jawa Tengah kembali menggelar pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di 14 titik di Kabupaten Kudus, Senin (7/2).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian upaya percepatan vaksinasi yang juga dilaksanakan BIN Jateng di sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

“Selain Kabupaten Kudus, kami juga melaksanakan vaksinasi dosis ketiga di lima kabupaten lainnya, seperti Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, Sukoharjo, Demak, dan Grobogan,” kata Kepala Binda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/2).

Menurut Sondi, sasaran utama kegiatan diantaranya adalah anak-anak usia 6-11 tahun, dan vaksinasi booster bagi lansia.

Untuk vaksinasi booster, Sondi berharap bisa meningkatkan imunitas masyarakat sehingga tidak mudah terpapar virus Corona, terutama Omicron sebagai varian baru Covid-19.

BIN Jateng juga mendirikan sembilan sentra vaksinasi dengan sasaran anak usia 6–11 tahun, meliputi Kota Magelang, Kabupaten Kebumen, Temanggung, Sukoharjo, Tegal, Pekalongan, Kudus, Demak, dan Grobogan.

Khusus di Kabupaten Kudus, salah satunya bertempat ditempatkan Madrasah Ibtidaiyah Sabilul Khoirot, Desa Jojo, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Sasaran vaksinasinya anak usia 6-11 tahun baik dosis satu maupun dua, serta masyarakat dan lansia untuk mengikuti vaksin satu atau dua maupun ketiga atau vaksin penguat bagi pelayan publik.

Untuk vaksin penguat yang berlangsung di enam kabupaten/kota tersebut ditargetkan bisa menyasar 2.200 orang. Sedangkan vaksin satu maupun dua untuk masyarakat umum ditargetkan 10.000 dosis tersuntikkan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Nasiban mengapresiasi BIN Daerah Jateng yang membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kudus dengan terjun langsung hingga ke desa-desa untuk mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat yang belum vaksin maupun yang hendak vaksin dosis ketiga.

Kehadiran BIN Daerah Jateng maupun instansi lain dalam membantu percepatan vaksinasi juga ikut membantu pemerintah menyisir warga yang belum vaksin maupun yang hendak melakukan vaksinasi untuk dosis berikutnya.

BIN DaerahJateng tercatat sudah beberapa kali melaksanakan vaksinasi di Kabupaten Kudus, baik secara keliling ke rumah-rumah warga maupun tersentral.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus mencatat total suntikan vaksin hingga saat ini mencapai 1,1 juta suntikan. Sedangkan capaian untuk dosis pertama menyasar 599.008 orang atau 90,52 persen dari target sebanyak 661.727 orang, sedangkan dosis kedua menyasar 471.309 orang atau 71,22 persen.

Sementara untuk dosis ketiga hingga kini sudah menyasar 24.226 orang atau 3,66 persen. Sedangkan vaksinasi anak mencapai 70.212 anak atau 88,80 persen dari target sebanyak 79.072 anak.

Tm-Ab