Anggota PMR Wira SMAN 2 Kebumen melihat proses donor darah di ruang UDD PMI, Rabu 2/2.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Upaya peningkatan program kerja sekolah tahun 2022, PMR Wira SMAN 2 Kebumen berkunjung ke PMI Kabupaten Kebumen, Rabu (2/2).

Kunjungan dilaksanakan pada siang hari Pukul 14.00 Wib di Aula Markas PMI Kebumen Jalan Arungbinang. Sekitar 36 siswa anggota PMR Wira SMAN 2 Kebumen mengikuti kegiatan tersebut. Mereka dari siswa ekstrakurikuler PMR, antusias mengikuti kegiatan.

Pada anjangsana ini anggota PMR Wira diajak berkeliling di beberapa ruangan pengolah darah UDD PMI Kebumen. Seperti di Ruang Donor Darah, Ruang Laboratorium, dan Ruang Aftap maupun Ruang Istirahat setelah donor.

Anggota PMR Wira SMAN 2 Kebumen berfoto bersama Pembina dan Staf UDD serta Markas di Aula PMI Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Disamping itu, para siswa PMR Wira langsung dikenalkan dengan alat-alat yang digunakan pada saar donor darah. Mulai kantong darah, alat suntik, timbangan kantong darah.Bahkan juga menyaksikan langsung proses pengambilan darah atau donor darah.

Donor Darah Berhenti 2 Tahun

Menurut keterangan Pembina PMR SMAN 2 Kebumen Sujatmiko AMd T, semua anggota PMR diharapkan mengetahui bagaimana proses pengelohan darah yang telah didonorkan Kepada yang membutuhkan.

Sujatmiko menuturkan, kegiatan donor darah di sekolahnya sudah vakum  2 tahun. Pihaknya ingin di awal tahun ini kegiatan donor dapat dilaksanakan kembali.

“Maka untuk mengenalkan kembali ke anak-anak, kami mengadakan kunjungan di PMI Kebumen, sehingga anak-anak tahu darah dari hasil donor bagaimana pengolahannya,ucap dia.

Sementara itu Fika Nur Hasanah selaku staf bidang Pencari dan Pelestari Donor Darah (P2D2S) PMI Kebumen menyatakan, dari kunjungan PMR Wira SMAN2 Kebumen tersebut PMI berharap para sukarelawan sekolah itu dapat menyelenggarakan giat donor darah kembali sesuai rutinitas sebelum pandemi Covid-19.

Fika selaku staf yang membidangi menyambut baik  kunjungan adik-adik sukarelawan PMR di PMI Kebumen.“Kami menunggu aksi donor darah di SMAN 2 Kebumen  karena memang target kami di tahun ini sangat tinggi,”tutur Fika.

Komper Wardopo