blank
Kiai Bayu Aji Anwari saat menyampaikan materi dalam pembekalan FOKMI USM. Foto: Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kiai Muhammad Bayu Aji Anwari mengatakan, membangun silaturahmi sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad, seiring berjalannya waktu makin menghilang.

“Silaturahmi atau bertemu karena kepentingan, akan menjadi segan. Dan bertemu karena kepentingan, seolah-olah menjadi seperti transaksi perdagangan, di mana ada uang ada barang,” kata Kiai Bayu Aji Anwari saat menyampaikan materi dalam pembekalan pengurus Forum Komunikasi Mahasiswa Islam (FOKMI) USM periode 2021/2022, di Masjid Baitur Rasyid USM.

Zaman sekarang, kata Kiai Bayu Aji, teman dijadikan aset, dengan kesadaran manusia sebesar 13%  dan 87% tidak sadar. Namun, beberapa orang menjadikan bertemu sebagai keutamaan.

Kiai Anwar juga menyampaikan, dalam berteman dengan siapa pun, hendaknya membawa manfaat. Dalam berteman dengan siapapun, hendaknya bermanfaat. “Allah memiliki sifat Ar-Rohman dan Ar-Rohim, maka lebih baik kita banyak memberi atau membantu,” ujar Kyai Anwar.

Kiai Anwar juga berpesan, agar benar-benar mendengar dengan benar. “Ingat benar-benar mendengar dengan benar. Dan hati sebagai standar kebenaran, karena  jika hati rusak maka orang itu rusak,” ungkap Kyai Anwar.

Pembekalan pengurus UKM FOKMI ini diikuti oleh seluruh pengurus, Dewan Syuro, serta para Pembina  UKM FOKMI. Rektor USM Dr Supari ST MT dan Wakil Rektor III  Dr Muhammad Junaidi SHi MH, juga hadir dalam kegiatan ini sebagai narasumber pada Senin (31/01)

Kegiatan pembekalan pengurus ini, mengusung tema Dengan Hati Memperkuat Silaturahmi. Yang diharapkan dakwah UKM FOKMI tidak hanya di dalam forum saja, melainkan sampai ke dunia luar.

Dalam sambutan Pembina UKM FOKMI Saiful Hadi ST MKom mengatakan, dalam kegiatan sehari-hari hendaknya disertai dengan hati.

“Dalam setiap kegiatan alangkah baiknya menggunakan hati, bahkan  diharapkan dakwah FOKMI tidak hanya di dalam forum saja, melainkan sampai ke dunia luar. Misalnya, mengajak mahasiswa UKM lain untuk mengikuti kegiatan FOKMI,” ucap Saiful.

USM