blank
Peserta pelatihan jurnalistik dan public relation bagi siswa di Madrasah Aliyah Al Faizin, Guyangan, Kecamatan Bangsi

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dosen Unisnu dan mahasiswa LPM  Idea berkolaborasi mengadakan pelatihan jurnalistik dan public relation bagi  siswa di Madrasah Aliyah  Al Faizin,  Guyangan, Kecamatan Bangsi, Jepara  hari ini Minggu (30/1-2022).

Ada 38 siswa yang antusias mengikuti  acara  pelatihan dengan pemateri   Aliva Rosdiana M.Pd., untuk materi jurnalistik dan Aprilia Riyana Putri, M.Pd., untuk public relation.  Keduanya dosen Unisnu Jepara.

blank
Aprilia Riyana Putri, M.Pd saat menyampaikan materi pelatihan

Acara ini dihadiri oleh Dosen Pembina LPM Idea Fathur Rohman, M.Pd.I sekaligus membuka acara. “Ini adalah salah satu program LPM Idea. Melalui kegiatan goes to school ini, semoga kerja sama antara MA Al Faizin Guyangan dengan Unisnu bisa sinergis,” ujarnya.

Kepala MA Al Faizin Guyangan,  Abdul Syukur, S.T., S.Pd. mengaku sangat senang dengan kehadiran tim Unisnu untuk memberikan pelatihan jurnalistik dan public relation bagi pelajar MA Al Faizin Guyangan. “Pelajar saat ini  harus memiliki bekal keterampilan jurnalistik dasar mengingat saat ini informasi dan komunikasi bergerak sangat cepat,” ujanya.

blank
Dosen Pembina LPM Idea Fathur Rohman, M.Pd.I saat membuka acara.

Aliva Rosdiana dalam paparannya  mengenalkan jurnalistik dasar. Menurutnya menjadi seorang jurnalis harus tahu kaidah penulisan yang benar. “Tak hanya benar, tulisan harus berdasarkan data yang benar dan faktual,” ujarnya. Aliva menyapaikan sejumlah tips dan trik dalam membuat karya jurnalistik.

Aliva menambahkan, menjadi seorang jurnalis itu disamping harus memiliki ketrampilan juga harus memiliki etika  yang baik. “Era digital menuntut kita untuk memberitakan informasi secara cepat dan akurat. Namun kita harus menjunjung tinggi norma norma yang ada ditengah masyarakat,” ujarnya.

blank
Aliva Rosdiana M.Pd saat menyampaikan materi Jurnalistik Dasar

Sementara Aprilia Riyana Putri menyampaikan teknik praktis  menjadi public speaker yang menjadi ketrampilan dasar dalam kegiatan public relation. “Seorang public speaker harus berani. Gaya dan teknik berbicaranya harus meyakinkan agar pendengar percaya. Juga pilihan kata dan struktur penyampaian pesan ,” ujarnya.

Di sesi pelatihan, Aprilia membagi kelompok untuk menulis berita dan melakukan promosi. “Siswa harus punya kepercayaan diri dan kreatif menggali data dan menyampaikannya,” ujarnya.

Hadepe