Kepala Kanwil DJP Jateng II Slamet Sutantyo mmberikan sertifikat penghargaan dan pakert hadiah kepada bendahara desa terbaik, (Dok Kanwil DJP Jateng II)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II Slamet Sutantyo beberapa hari lalu memberikan apresiasi kepada bendahara desa di wilayah Kabupaten Purworejo atas kontribusi pembayaran pajak dari dana desa.

Acara berlangsung di Pendapa Kabupaten Purworejo, dihadiri Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti dan  sejumlah pejabat daerah, serta Kepala KPP Pratama Kebumen Yoephida L. Soemantri.

Selain itu, kegiatan juga diikuti perwakilan dari 469 desa dari 16 kecamatan di Kabupaten Purworejo serta para Camat Pemkab Purworejo.

Slamet Sutantyo menyampaikan terima kasih kepada para bendaharawan. ‘’Saya ucapkan terima kasih atas kontribusi dari bapak ibu sekalian yang telah turut serta membantu mengumpul penerimaan pajak,’’ katanya.

Seperti kita ketahui, lanjutnya,  pajak-pajak ini nantinya akan kembali lagi kepada bapak dan ibu dalam bentuk Dana Desa melalui mekanisme APBN.

Sebagai bentuk apresiasi, kepada para bendahara desa terbaik diberikan sertifikat penghargaan dan paket hadiah. Kriterianya yaitu bendahara dengan kepatuhan kewajiban perpajakan tertinggi dari setiap Kecamatan.

Selain pemberian penghargaan, para peserta juga diberikan edukasi terkait kewajiban penyampaian SPT Tahunan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang   disampaikan sejak 1 Januari 2022. Para peserta juga diberi sosialisasi Program Pengungkapan Sukarela (PPS).

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat berdampak pada peningkatan kepatuhan kewajiban perpajakan, baik untuk pengelolaan dana desa maupun para aparatur desa, khususnya di Kabupaten Purworejo.

 

Doddy Ardjono