blank
Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022, yang dirayakan tiap tanggal 9 Februari, Forum Komunikasi Seniman Nusantara (FKSN), akan menggelar kegiatan budaya dengan nama Pentas Seni Budaya Nusantara.

Direncanakan, acara itu dilaksanakan Rabu (9/2/2022), di Dukuh Bulu RT 04 RW III, Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali. Dijadwalkan akan ada dua pergelaran, yakni Reog Ponorogo dan Campursari mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Sedang pentas yang kedua digelar Wayang Kolaborasi Ketoprak mulai pukul 20.00-04.00 WIB.

”Dua pergelaran itu kami gelar gratis, tepat pada saat perayaan Hari Pers Nasional tanggal 9 Februari,” kata Ketua Panitia Pelaksana Pentas Seni Budaya Nusantara, Ki Dalang Wartoyo didampingi Ki Dalang Kangko, dalam keterangannya, Sabtu (29/1/2022).

BACA JUGA: Jumlah Kapal yang Terbakar di Tegal Bertambah

Menurut dia, kegiatan seni budaya itu juga untuk melestarikan warisan leluhur agar tak hilang ditelan zaman. Selain itu juga, mengenalkan budaya adiluhung itu pada generasi muda milenial di zaman ini.

Sementara itu, puncak acara peringatan HPN di tingkat Jateng, akan dipusatkan di Kabupaten Kendal. Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, rangkaian peringatan HPN akan dilaksanakan Kamis-Sabtu (17-19/2/2022).

”Puncak acara HPN akan digelar di Kabupaten Kendal, yang direncanakan juga akan dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Tetapi kita masih menunggu kepastian kehadiran Ganjar,” ujar Solikun, selaku Ketua Pantia HPN 2022.

Riyan