blank
Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Rivan Rembudito Rivai (kanan depan) bersama jajaran Forkompincam Tirtomoyo, meninjau calon lokasi pembangunan jalan baru antardusun.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jalan baru antardusun akan diangun di Desa Sendang Mulya, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri. Pengerjaannya akan ditangani melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Berkaitan ini, Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Rivan Rembudito Rivai, telah melakukan peninjauan ke calon lokasi pembangunan jalan antardusun tersebut. Ikut mendampingi Pasiter Kapten (Inf) Moch Sambudi.

Dalam kunjungannya tersebut, juga dilakukan dialog dengan jajaran Forkopincam Tirtomoyo yang terdiri dari Camat Dwi Martanto Yuniarso, Danramil 07/Tirtomoyo Kapten (Cba) Suparna, Kapolsek AKP Karjo.

Juga dengan Kepala Desa (Kades) Sendang Mulyo Sri Mardianah dan Sekretaris Desa (Sekdes) Dicky. Para aparat kecamatan maupun desa, menyambut baik rencana pembangunan jalan baru antardusun tersebut.

Penerangan Kodim 0728 Wonogiri, Serma Indra, menyatakan, pembangunan jalan baru itu akan menghubungkan Dusun Kraguman menuju Dusun Sendang di Desa Sendang Mulyo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri.

Perpendek Jarak

Sebagai prasrana infrastruktur jalan, jalan baru antardusun nantinya berfungsi sebagai jalur darat warga antardusun. Memudahkan warga masyarakat untuk mengakses pusat pemerintahan dan fasilitas kesehatan, serta memperlancar anak-anak yang belajar ke sekolah.

Juga menjadi prasarana transportasi darat untuk pengangkutan panen petani dan pemasarannya, serta berfungsi mendukung pengembangan perekonomian masyarakat setempat, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Dengan pembangunan jalan baru antardusun tersebut, akan mampuĀ  memperpendek jarak tempuh yang tadinya sejauh 8 sampai 10 Kilometer (KM), menjadi hanya sekitar 1,5 KM.

Pembangunannya direncanakan masuk dalam program TMMD Sengkuyung Tahap II Thaun 2022. Jenis pekerjaan yang akan dilaksanakan, meliputi pembangunan badan jalan yang akan diperkeras dengan lapis makadam (batu dan pasir) serta dilengkapi talud penguat tebing.

Selain mampu memberikan aneka manfaat, jalan baru yang jalurnya melewati puncak perbukitan ini, dapat menjadi prasarana masyarakat menikmati pemandangan alam yang indah. Tidak menutup kemungkinannya, kelak dapat berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata baru.

Bambang Pur