blank
Wali Kota Magelang Muchamad Nur Azis didampingi Wakil Wali Kota M Mansyur memberi ucapan selamat kepada Pengurus Pimpinan Cabang JQHNU Kota Magelang Masa Khidmat 2021-2026, (Bag Prokompi,, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Ketua Umum Pengurus Wilayah Jam’iyyatul Qurra’ Walhuffadz Nahdatul Ulama (JQHNU) Jawa Tengah Ali Imron Hasan mengukuhkan Pengurus Pimpinan Cabang  JQHNU Kota Magelang Masa Khidmat 2021-2026 di Aula Kantor Kecamatan Magelang Tengah, Minggu (23/1).

Acara itu dihadiri Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz, Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur, dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sofia Nur, serta sejumlah tokoh agama Kota Magelang.

Wali kota mengatakan, Pimpinan Cabang JQHNU Kota Magelang yang baru saja dilantik diharapkan menjadikan generasi penerus yang selalu mengedepankan ajaran Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Guna mendukung program unggulan Kota Magelang yakni Programis (Program Magelang Agamis), lanjut Azis, diharapkan semua komponen dari pemerintah, masyarakat dan seluruh stakeholder berperan aktif  mewujudkan Kota Magelang yang religius.

‘’Salah satu contohnya adalah dengan selalu menerapkan ajaran-ajaran Alquran yang merupakan akhlak Rasulullah, kita diajak dan dirangkul untuk menjadikannya pedoman hidup,’’ tuturnya.

Dokter spesialis penyakit dalam itu menerangkan, Pemkot Magelang senantiasa mendukung dan menfasilitasi JQHNU dalam upaya mensyiarkan Islam dan membumikan Alquran. Oleh sebab itu, dia berharap pengurus baru JQHNU Kota Magelang agar segera menyusun program kerja dan melaksanakan sebaik-baiknya.

Menurutnya, sebelum berdiri JQHNU, di berbagai daerah di Indonesia telah berdiri organisasi atau perkumpulan para ahli Qira’at dan penghafal Alquran yang beraneka ragam.

Semuanya mempunyai tujuan yang sama yaitu menghimpun dan mempersatukan para ahli Qira’atul Quran serta memelihara kesucian Alquran.

Selain itu, juga bertujuan memperlajari segi bacaan (tilawah), hukum tajwid, qira’at, memahami dan mengamalkan isi Alquran dalam sehari-hari.

‘’Terima kasih sebesar-besarnya kepada JQHNU Kota Magelang yang telah mensyiarkan Islam sebagai agama Rahmatan Lil Alamin, khususnya di Kota Magelang,’’ tuturnya.

Wakil Wali Kota M Mansyur didaulat menjadi penasehat JQHNU Kota Magelang masa khidmad 2021-2026. Majelis Ilmi untuk rois diamanahkan kepada Mislan Qowi dan katib ditunjuk Basirun.

Sedangkan Dewan Organisasi diketuai Inayah, dibantu oleh sekretaris Maulana WIra Pradhana dan bendahara Nur Faiqoh.

 

Penulis : Prokompim/Pemkotmgl

Editor   : Doddy Ardjono