blank
Warga Desa Pasucen mengambil air (ngangsu) dari mata air Brubulan, sumber air yang dioptimalkan Semen Gresik dengan Bumdes Pasucen untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Foto: Humas SG

REMBANG (SUARABARU.ID) – Tinggal di kawasan yang hijau dengan pohon rindang, air berlimpah adalah kerinduan orang banyak. Terlebih bila air itu bisa langsung mengalir sampai ke rumah-rumah.

Itu kerinduan sejak puluhan tahun lalu bagi warga Wuni, Desa Kajar, Kecamatan Gunem, Rembang. Beruntunglah, dusun ini sekarang masuk Kawasan ring 1 PT Semen Gresik Pabrik Rembang.

Mimpi dan kerinduan lama itu sudah terpenuhi dan menjadi nyata. Dusun Wuni, Desa Kajar, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang kini sudah terbebas dari persoalan kesulitan air bersih, karena terbantu pompanisasi, pembangunan tandon dan instalasi yang diinisiasi PTSG.

blank
Warga Dusun Wuni memanfaatkan air bersih yang ditampung di tandon air bantuan Semen Gresik untuk kebutuhan aktivitas domestik seperti mencuci pakaian. Foto: Humas SG

Tak ada lagi cerita warga di Dusun Wuni yang harus repot membuat sumur sedalam 170 m untuk mendapatkan air atau mengandalkan tadah hujan demi mencukupi kebutuhan air sehari-hari. Mereka menyongsong hari esok dengan syukur penuh harapan karena tersedianya air yang melimpah ke rumah.