blank
Gubernur Ganjar Pranowo menerima dua penghargaan sekaligus dari Baznas RI. Pemberian penghargaan dilakukan di The Sultan Hotel, Jakarta, Senin (17/1/2022). Foto: dok/ist

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menerima dua penghargaan sekaligus dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia, sebagai Gubernur Pendukung Gerakan Zakat Indonesia dan sebagai Provinsi Dengan Koordinasi Pengelolaan Zakat Terbaik

Penghargaan diterima langsung Ganjar Pranowo, pada acara yang digelar di The Sultan Hotel, Jakarta, Senin (17/1/2022).

”Saya senang, karena pengelolaan Baznas Jateng jauh lebih modern. Peruntukkannya tidak hanya untuk charity atau pemberian semata, tapi juga untuk bantuan-bantuan yang sifatnya produktif,” kata Ganjar dalam keterangannya, usai menerima penghargaan.

BACA JUGA: BIN Jateng Kembali Gelar Vaksinasi Covid-19 di Kudus, Sasar Anak dan Umum

Menurut dia, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras teman-teman Baznas dan Pemprov Jateng, yang sudah secara bersama-sama berbarengan bersedekah. Diharapkan dia, kegiatan itu tidak berhenti begitu saja.

Selain Ganjar, sejumlah kepala daerah di Jateng juga menerima penghargaan pendukung gerakan zakat Indonesia. Seperti Kabupaten Kendal, Kabupaten Kudus dan Kota Semarang.

Kolaborasi antara Pemprov dan Baznas Jateng, sudah dibangun Ganjar dalam masa kepemimpinannya. Melalui Baznas, Ganjar menyelesaikan beragam persoalan. Salah satunya dalam hal pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA: Menulis Harus Dilakukan sebagai Sebuah Ungkapan Kegembiaraan

”Kawan-kawan Baznas Jateng sudah berpraktik untuk memberdayakan. Misalnya, pemberdayaan ekonomi, adanya pelatihan, dan sertifikasi. Prinsipnya, dalam penanggulangan kemiskinan peran Baznas cukup sentral. Kalau kita bisa mengoptimalkan kolaborasi antara Pemda, Pemprov, dan juga Baznas, saya rasa akan menjadi sebuah kekuatan besar,” ujarnya.

Salah satu upaya Ganjar berkolaborasi dengan Baznas Jateng adalah, menghimpun zakat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jateng yang dilakukan di masa kepemimpinannya.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2021, penghimpunan zakat ASN Pemprov Jateng melalui Baznas Jateng mencapai Rp 57 miliar.

Riyan