blank
Kepala BPBD Jateng Bergas Catursasi Penanggungan. Foto:Ant/Suarabaru.id

SEMARANG (SUARABARU ID) – Kepala Bappeda Kabupaten Kudus, Bergas Catursasi Penanggungan secara resmi dilantik menjadi Kepala BPBD Provinsi Jawa Tengah.

Bergas dilantik langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama sejumlah pejabat lain di lingkungan Provinsi Jateng, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Jumat (14/1).

Kepada Bergas, secara khusus Ganjar memerintahkan agar dalam masa siaga ini untuk memperkuat kesiapan pasukan serta memastikan seluruh alat berfungsi dengan baik.

Ganjar juga meminta agar Kepala BPBD bisa berkolaborasi dengan SKPD yang membidangi infrastruktur.

“Kita masih siaga terus sampai di bulan Februari, ya saya minta semuanya untuk standby terus dan koordinasi dengan kelompok infrastruktur sehingga rakyat terlayani dengan baik,” ujar Ganjar sebagaimana dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng.

Baca juga: Begal Sadis Taman Bumi Wangi Dibekuk, Sebagian Pelaku Masih Anak-Anak

Bergas Catursasi Penanggungan merupakan pejabat asal Kudus yang lolos seleksi terbuka jabatan pratama Pemprov Jateng untuk jabatan Kepala BPBD Jateng.

Bergas memiliki pengalaman yang cukup banyak terkait penanganan kebencanaan lantaran pernah juga menjabat Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Kudus.

Bersama Bergas, ada 12 pejabat lain yang juga dilantik dan diambil sumpah jabatannya.

Selain Bergas, dua orang lain yang dilantik dari hasil seleksi jabatan terbuka yakni, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Prov Jateng Supriyanto dari Pemerintah Kabupaten Cilacap, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dijabat oleh Uswatun Hasanah (Pemprov Jateng).

Ganjar menyebut promosi jabatan di lingkungan Setda Provinsi Jateng adalah hal biasa.

“Prosesnya (promosi jabatan) ini biasa saja sebenarnya. Tadi kita sampaikan kepada mereka dan pada saat kami wawancara, kalau anda nggak perform, anda tidak saya mutasi, (tapi) demosi lho,” bebernya.

Tm-Ab