blank

TEGAL (SUARABARU.ID) – Malam tahun baru 2022 tiga lokasi yang biasa menjadi titik kerumunan di Kota Tegal yakni Alun-alun, Taman Pancasila, dan Lapangan Tegal Selatan Kota Tegal, Jawa Tengah ditutup.

“Terkait penutupan sesuai Inmendagri 66, kita akan melakukan penutupan di Alun-alun Kota Tegal, Taman Yos Sudarso (depan Mapolres) dan Lapangan Alun-alun Tegal Selatan. Tiga titik itu akan ditutup pulul 16.00 WIB hari ini,” kata Kasat Lantas Polres Tegal Kota, AKP Aryanindita Bagasatwika Mangkoesoebroto di kantornya, Jumat (31/12/2021).

Selain itu, sebanyak 18 ruas jalan juga bakal dialihkan. Seperti akses Jalan simpang Kejambon (arah utara), simpang Yogya Mall (arah timur), Gilu Tugel (arah Utara), Toko Baruna (tutup total), Naga Mas (tutup total), Jalan Waringin (arah timur), Jalan Jati (arah timur), Jalan Waru (arah timur), Jalan Cemara (arah timur), Gedung Muka Dana (turup total), Jalan Tentara Pelajar (tutup total), Taman Pancasila (tutup total), Lampu Gantung (tutup total), Pasar Sore ( arah timur), Gudang Garam (arah timur), Gudang Barang (arah timur), Jembatan Hanoman (arah barat) dan jembatan Langon (arah barat).

Bagas menyebut ruas jalan yang dialihkan itu adalah Jalan A Yani dan Simpang Kejambon.

“Menjelang Tahun Baru ini kita akan melakukan penutupan dan pengalihan arus di beberapa titik. Ruas jalan A Yani, Simpang Kejambon akan dilakukan pengalihan arus mulai pukul 19.00 WIB. Jalan itu difungsikan mengalihkan arus untuk mengurai kepadatan kendaraan dan kemacetan di dalam Kota Tegal,” ungkapnya.

Penutupan tiga tempat keramaian dan pengalihan arus ini dimaksudkan untuk menghindari kerumunan, dan menghindari kepadatan kendaraan. Diharapkan dengan adanya rekayasa ini, arus lalu lintas akan berjalan normal.

Penutupan dan rekayasa lalin kata Bagas bersifat situasional. Jika kondisi lalu lintas sudah landai maka dikembalikan seperti semula. Tiga lokasi yang ditutup juga akan dibuka kembali.

“Penutupan dan rekayasa lalin ini bersifat situasional. Jika jam 01.00 WIB atau 02.00 WIB dini hari sudah mulai landai akan kita normalkan semua,” pungkas Bagas.

Terpisah Muspikcam, Camat Tegal Selatan, Abnan Harimurti bersama Kapolsek Tegal Selatan Kompol Alkhaf Chaniago beserta jajaran Koramil.Tegal Selatan melakukan sosialisasi terkait penutupan jalan kepada warga dan para pedagang di lingkungan Lapangan Tegal Selatan.

Nino Moebi