Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Ny Iin Windarti berfoto bersama Rektor UMNU Kebumen Imam Satibi dan pengurus PCNU pada Wisuda Sarjana di Hotel Mexolie.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 135 mahasiswa Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen Selasa (21/12) telah diwisuda. Wisuda sarjana angkatan ke 2 itu berlangsung di Hotel Mexolie, Panjer.

Acara dihadiri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Ny Iin Windarti Sugiyanto, Forkompinda, sejumlah fungsionaris PCNU, BPP UMNU Kebumen. Hadir secara online Ketua LLDIKTI VI Jateng Prof Dr Ir Zaenuri, Rektor IAINU Kebumen Fikria Najitama MSi serta tamu undangan dan wali wisudawan.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengapresiasi dilaksanakannya wisuda UMNU Kebumen atas prestasi dalam mengembangkan sumberdaya manusia, khususnya untuk kemajuan daerah.

Arif  Sugiyanto pun memberi motivasi dan semangat kepada wisudawan untuk mengubah persepsi hidup. Yakni dengan membangun pemikiran positif dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, melalui karakter yang baik.

“Dengan terus membangun persepsi positif maka akan melahirkan tindakan kesuksesan dalam berkarya di mana pun kalian mengabdi,”ujar Bupati.

Para wisudawan terbaik UMNU Kebumen bergambar bersama Rektor Imam Satibi.(Foto:SB/Ist)

Rektor UMNU Kebumen Dr H Imam Satibi MPdI memberikan dorongan penting kepada wisudawan yakni alumni wajib sukses atau makmur dan jauhkan dari fakir. Bahkan Imam melarang  alumni UMNU Kebumen jadi pengangguran.

Banyak Pilihan Bagi Wisudawan

Menurut Imam, banyak pilihan alumni yang bisa digali agar bisa survive. Seperti melanjutkan studi S2, bekerja sektor pemerintah dan swasta serta berwirausaha. Era transformasi digital memberikan banyak peluang baru pekerjaan yang bisa dikembangkan yang sebelumnya tidak ada.

Guna  menopang kesuksesan itu, Imam memberi kunci yang harus dimiliki oleh alumni. Willing life atau memiliki semangat hidup penuh optimisme, memiliki kompetensi dan kit atau sarana penunjang.

Sedangkan Ketua LLDIKTI  VI Jateng Prof Dr Ir Zaenuri menyampaikan bahwa UMNU Kebumen merupakan universitas yang sehat, memiliki standar jaminan mutu dan telah terakreditasi baik. Hal ini menjadi modal alumni dalam melanjutkan karierya.

Ketua BPP UMNU Kebumen Fauzi Muhtad MAg menyampaikan pentinya karakter moderasi bagi alumni. Melalui spiritual Aswaja  An Nahdiyah, alumni akan selalu terpanggil dalam medan dakwah dan perjuangan umat dan bangsa.

“Selain wasatiyah, alumni harus berusaha aktif mewujudkan Khifdun mal yakni menjadi orang berharta atau kaya dan bermanfaat . Di sinilah nantinya alumni dapat berbakti pada almamater,”ujar Fauzi Muhtad.

Acara Wisuda Angkatan ke 2 UMNU Kebumen diakhiri foto bersama dan pemberian ucapan selamat serta doa oleh KH Saeful Munir.

Komper Wardopo