Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B Sigit (tengah) dan Direktur Network Telkomsel Nugroho (kanan), menjelaskan kesiapan Telkomsel dari sisi jaringan, produk, maupun layanan pelanggan, dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2022. Foto: dok/ist

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan, pihaknya sebagai society enabler, senantiasa konsisten untuk membuka semua peluang, melalui optimalisasi infrastruktur jaringan broadband.

Ini dilakukan, agar semua orang bisa tetap terhubung dengan pengalaman digital yang maksimal, walau dalam keterbatasan mobilitas.

”Kami juga telah melakukan peningkatan pelayanan pelanggan, serta menghadirkan program berbagi kebaikan di momen Natal 2021. Kami juga ingin terus dapat membuka lebih banyak harapan dalam menyambut Tahun Baru 2022, untuk mendukung pelanggan dalam menyongsong optimisme kebangkitan di tahun depan,” kata Nugroho, dalam keterangannya di Jakarta, belum lama ini.

BACA JUGA: Jeda Kompetisi, Bruno Silva Mudik untuk Natalan

Dijelaskan dia, guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama momen Natal dan Tahun baru 2022 ini, Telkomsel mengambil langkah antisipatif dengan melakukan optimalisasi jaringan. Khususnya untuk kenyamanan konektivitas broadband 4G/LTE di 471 Point of Interest (POI), yang tersebar di seluruh Indonesia.

POI itu mencakup 124 area residensial, 266 area spesial (alun-alun dan pusat perbelanjaan), lima rumah sakit utama penanganan covid-19, enam tempat ibadah, serta 70 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi (meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, stasiun, jalan raya utama, rest area, serta fasilitas umum lainnya).

Ditambahkan Nugroho, sepanjang momen Natal dan Tahun Baru 2022 ini bila dibandingkan hari biasa, Telkomsel memproyeksikan trafik layanan data (payload) pada momen perayaan Natal 2021 akan mengalami peningkatan sebesar 8,38 persen, dan malam Tahun Baru 2022 akan melonjak hingga 15,08 persen, dengan total payload diprediksi mencapai 45.877 TB.

BACA JUGA: Melonjaknya Kasus Covid-19 Akibat Pesta Album Taylor Swift di Australia

Prediksi itu juga didorong pada tren perubahan perilaku pelanggan, selama masa pandemi sepanjang tahun ini. Di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital, untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekitar 23,42 persen.

Kemudian ada pula layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,83 persen, layanan streaming video meningkat sekitar 27.44 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,17 persen, akses browsing naik 27,92 persen, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekitar 67,29 persen.

”Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memprediksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 3,25 persen, dan layanan panggilan suara diproyeksi akan turun 4,5 persen,” imbuh Nugroho.

BACA JUGA: Nataru, KAI Tetap Operasikan Kereta dengan Prokes Ketat

Lebih lanjut dijelaskan, guna memastikan pelanggan bisa mendapatkan pengalaman menelepon yang lebih baik dan jernih sambil mengakses jaringan broadband, baik itu browsing, gaming, chatting maupun video streaming secara bersamaan, cakupan jaringan VoLTE Telkomsel kini telah dapat dinikmati pelanggan di 320 kabupaten/kota yang tersebar di wilayah Indonesia.

”Telkomsel juga terus memperluas kolaborasi bersama mitra gawai untuk mendukung layanan teknologi VoLTE Telkomsel. Dan kini telah dapat dinikmati di lebih dari 100 tipe smartphone,” papar dia.

Sementara itu, Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit menyampaikan, momen ini sangat diharapkan menjadi momen bahagia oleh seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, dengan mengusung tema #TerusNyalakanSemangat, pihaknya berupaya untuk memenuhi ekspektasi dan harapan itu.

”Kami berharap, komitmen Telkomsel untuk selalu memberikan yang terbaik melalui penyediaan produk dan layanan yang customer-centric, dapat menemani keseruan pengalaman pelanggan di momen yang penuh semangat berbagi dan kebangkitan, serta harapan yang baru,” sebutnya.

Riyan