Ratusan ASN Pemkab Pacitan, Jatim, turun ke jalan melakukan kerja bakti massal dalam rangka peringatan HKSN Tahun 2021.(Foto: Humas Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan, Jatim, Jumat (17/12), tampil memprakarsai kerja bakti massal membersihkan jalan.

Humas Pemkab Pacitan, mengabarkan, kegiatan Jumat Bersih ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2021 (HKSN).

Kerja bakti massal ini mengambil lokasi di ruas jalan raya Pacitan-Pringkuku, tepatnya di komplek tugu batas kota di Dusun Sundeng Desa Bangunsari.

Mereka membersihkan tugu batas kota dari kotoran dan lumut, serta memotong, membersihkan rumput, tanaman perdu yang tumbuh meliar dan ranting pepohonan, serta membersihkan selokan yang tersumbat sampah.

Kerja bakti massal ASN ini dipimpin langsung Wakil Bupati Pacitan, Gagarin, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Heru Wiwoho bersama para Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati.

Para Relawan

Juga hadir Kepala Dinsos Sunaryo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Joni Maryono, beserta para relawan dari komunitas Taruna Tanggap Bencana (Tagana), PSM, Karang Taruna, dan para pendamping program serta warga masyarakat.

Wakil Bupati Pacitan, Gagarin, menyatakan, kesetiakawanan sosial perlu terus dipupuk dan dilestarikan. Tidak harus menanti momen tertentu, namun harus ada dalam sendi kehidupan bermasyarakat.

Terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19. Harapan saya, implementasi kesetiakawanan tidak hanya dalam acara-acara seremonial saja. Tapi senantiasa ditumbuhkembangkan dalam kehidupan nyata sehari sehari. ”Untuk memperkuat tatanan kehidupan maupun kebersamaan di masyarakat,” kata Gagarin.

Apalagi, tandas Wakil Bupati, kesetiakawanan sosial di Kabupaten Pacitan masih terpelihara dengan baik. Buktinya, masyarakat  masih menjunjung tinggi kegotongroyongan serta toleransi dalam menyikapi setiap persoalan.

Ditandaskan, kesetiakawanan sosial bagi masyarakat Pacitan, bukan sesuatu yang baru karena sudah menjadi sendi dalam kehidupan sehari-hari.

Bambang Pur