blank
Bunda PAUD Wonosobo Dyah Retno Afif Nurhidayat saat dikukuhkan. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menilai pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki pengaruh sangat siginifikan bagi proses pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Karena itu, Afif mengaku memiliki harapan besar terhadap PAUD di Wonosobo, mampu mencetak generasi muda yang berkarakter luhur, cerdas dan mampu memanfaatkan teknologi secara tepat.

Harapan tersebut disampaikan Bupati saat menyampaikan sambutan seusai mengukuhkan Dyah Retno Afif Nurhidayat sebagai Bunda PAUD Wonosobo, di Pendapa Bupati setempat, Kamis (16/12/2021).

Setelah dikukuhkan sebagai Bunda PAUD, Afif meminta agar Dyah Retno segera bersinergi secara solid dengan jajaran bunda paud Kecamatan dan Desa.

Juga dengan pihak-pihak terkait lain demi terwujudnya akselerasi program-program kerja untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Wonosobo.

“Pengukuhan bunda PAUD ini, menjadi momentum penting untuk meningkatkan semangat membangun pendidikan anak usia dini sehingga ke depan Wonosobo akan memiliki generasi teladan dan berkualitas,” ujar Afif.

Kepada seluruh pihak terkait, Bupati juga menekankan pentingnya membuat kebijakan efektif guna meningkatkan kapasitas pendidik demi terwujudnya pelayanan putra-putri bangsa yang memiliki sumber daya kompeten dan berkualitas.

Smart City

blank
Pengukuhan juga dilakukan Bunda PAUD Kecamatan se-Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

“Wonosobo ini menjadi salah satu dari 100 Kabupaten/Kota di Indonesia yang diberikan kesempatan mengembangkan program Kota Cerdas (Smart City). Sehingga ke depan juga akan sangat bermanfaat untuk mendukung sektor pendidikan, khususnya di usia dini,” tandasnya.

Merespons arahan Bupati, Bunda PAUD Dyah Retno Afif Nurhidayat mengaku siap untuk kedepannya bekerjasama dengan semua pihak terkait dalam upayanya membuat terobosan dan inovasi baru memajukan pelayanan pendidikan usia dini di Wonoobo.

Dyah juga mengatakan, mencetak generasi penerus bangsa nan berkualitas merupakan tantangan yang menjadi tanggungjawab bersama.

Seusai melantik 15 Bunda PAUD Kecamatan di tempat yang sama, Kepala BKKBPPA itu menyebut stimulus perkembangan anak usia dini baik secara kognitif, efektif, psikomotorik akan menjadi satu langkah strategis pihaknya.

“Diperlukan pendampingan anak usia dini yang bersifat komprehensif dan dapat dikolaborasikan dengan berbagai pihak,” tutur Dyah.

Menurutnya, langkah nyata untuk menjamin kualitas pendidikan usia dini, salah satunya adalah melalui pembentukan program kerja di tingkat Kecamatan hingga Desa dengan pengawasan dan pembinaan secara berkelanjutan.

“Mari ciptakan pemahaman yang sama antara Kecamatan dan Kabupaten, dengan melaporkan program apa saja yang sudah dilaksanakan. Bersinergi bersama secara implementatif,” pungkasnya.

Muharno Zarka