blank
VAKSIN - Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) dan beberapa elemen membantu Pemerintah Kabupaten Tegal untuk vaksinasi. (foto: nino moebi)

SLAWI (SUARABARU.ID) – Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) dan beberapa elemen berpartisipasi membantu pemerintah Kabupaten Tegal yang mentargetkan vaksinasi hingga 70 persen pada akhir 2021. Salah satunya memfasilitasi vaksinasi massal sebanyak 1000 dosis di Gedung Korpri Kabupaten Tegal Selasa (14/12/2021).

“Tema vaksinasi yang diambil seputar mempercepat terbentuknya kekebalan komunal, yakni mewujudkan herd immunity menuju manusia sehat, masyarakat kuat, dan negara digdaya,” kata panitia vaksinasi dari Dewan Pimpinan Nasional KAPT, Muhamad Khabib di sela kegiatan.

Kegiatan vaksinasi tersebut rencananya dilanjutkan secara keliling di beberapa Kecamatan di Kabupaten Tegal. Hal itu agar mampu memenuhi target 70 persen vaksinasi di Kabupaten Tegal di 2021.

“Target kami beserta Pemkab Tegal dan stake holder lainnya agar 70 persen masyarakat tervaksinasi, sehingga harapannya herd immunity lebih cepat terbentuk, karena bencana pandemi Covid -19 ini masalah bersama dan mesti diatasi bersama,” ujar Khabib.

Kepala Kopartemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Larasati mengatakan kegiatan vaksin di Kabupaten Tegal merupakan kerja kroyokan (bersama) untuk terpenuhi target 70 persen.

Lebih lanjut Larasati menyampaikan, upaya yang dilakukan salah satunya saling bahu membahu bergotong royong mensukseskan program vaksinasi di masing-masing daerah. di antaranya melibatkan Bio Farma, Rekayasa Industri (Rekind), Perta Arun Gas, PGN Solution, Premier Oil dan Seknas Jokowi.

Terpisah juru bicara Covid-19 Kabupaten Tegal dr Sarmanah mengatakan, capaian vaksinasi untuk Kabupaten Tegal 58,76 persen (dosis 1), untuk lansia 51 persen by tower faskes yaitu sasaran yang berada di dalam wilayah Kabupaten Tegal.

Selanjutnya tower cakupan KTP yakni berdasarkan sasaran warga Kabupaten Tegal baik divaksin didalam wilayah Kabupaten Tegal maupun diluar wilayah Kabupaten Tegal. “Intinya orang yang sudah divaksin dan ber KTP Kabupaten Tegal sejumlah 75,68 persen. Sedangkan untuk cakupan lansianya 52,61 persen,” ujar Sarmanah.

Sarmanah mengupayakan pada akhir Desember 2021 mendatang cakupan vaksinasi di Kabupaten Tegal bisa mencapai 70 persen dengan bekerjasama dengan berbagai pihak.

Nino Moebi