blank
EMAS - Atlet biliar Kota Tegal Tjeng Kian Eng (Aeng)-Jamal meraih medali emas pada double putra bola 10 di Dulongmas Championship. (foto: dok/ist)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kota Tegal, telah memberikan penghargaan kepada para pelatih dan atlet berprestasi Tahun 2021 di Ruang Adipura Kompleks Balai Kota Tegal, Selasa (14/12/202).

Sebanyak 47 atlet dari 14 Cabang Olahraga (Cabor) yang menerima penghargaan salah satunya adalah Cabor Billiar yang berlaga di event Dulongmas Championship di Pekalongan pada 24-29 November 2021 lalu.

Di Dulongmas Championship cabor billiar telah mendapat medali emas pada double putra bola 10 dan medali perak single putra bola 9. Peraih emas pada double putra bola 10 atas nama atlet pasangan Tjeng Kian Eng (Aeng)-Jamal dan peraih medali perak single putra 9 dengan atlet Jamal.

Ketua Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kota Tegal Wiharto mengatakan, semoga pada event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah mendatang Cabor Billyard Kota Tegal bisa menambah sumbangan medali.

“Kami tidak muluk-muluklah semoga ke depan Cabor Billiar bisa lebih baik lagi. Kita kan baru beberapa bulan didaulat untuk menjadi ketua. Jadi harapannya ke depan bisa lebih baik, cukup,” kata Wiharto singkat.

Menyandang sebagai Ketua Cabor POBSI Kota Tegal Wiharto tidak main-main. Hal itu terbukti dengan memanggil atlet nasional billiar asal Surabaya, Rudi Sutanto untuk menggembleng para atlet billiar Kota Tegal.

Rudi Sutanto merupakan peraih emas di cabang billiar pada Pekan Olahraga Nasional di Papua lalu kini sudah satu setengah bulan berada di Kota Tegal untuk melatih, mengarahkan dengan baik dan benar.

Rudi mengatakan, untuk menghadapi Porpov Jateng yang masih setahun lagi harusnya sudah bisa disiapkan dari mulai sekarang. Karena menurut Rudi saingan terberat yakni atlet biliar dari Kota Pekalongan.

“Lawan dari Jawa Tengah yang saya tahu terberat dari Kota Pekalongan. Karena di sana ada teman-teman saya jadi atlet nasional. Ya kita harus bisa nyuri satu medali emas lah,” tutup Rudi.

Penerima penghargaan dari Pemerintah Kota Tegal sebanyak 47 orang dari 14 cabang olah raga antara lain, panjat tebing, pencak silat, balap sepeda, golf, tenis lapangan, tinju, menembak, aero modeling, catur, renang, karate, tarung drajat, panahan dan biliar.

Sementara atlet cabang olah raga beregu berjumlah 51 orang yang berasal dari olah raga pencak silat, catur, biliar, tenis lapangan, bola tangan dan tenis meja.

Sedangkan pelatih yang berprestasi sejumlah 13 orang dari 13 cabang olah raga yaitu panjat tebing, pencak silat, tenis meja, tenis lapangan, tinju, menembak, aero modeling, catur, renang, karate, tarung drajat, panahan dan bola tangan.

Nino Moebi