blank
Henky Prasetyo Soemitro (Ketua KONI Kabupaten Semarang). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Jawa Tengah 2021 dengan agenda utamanya memilih Ketua Umum KONI Jateng Periode 2021-2025 sempat menghangat, setelah nama Ketua KONI Kabupaten Semarang, Henky Prasetyo Soemitro, dikabarkan juga akan mendaftar sebagai bakal calon.

Henky santer dibicarakan akan bersaing dengan Bona Ventura Sulistiana, yang telah lebih dulu menyatakan diri akan maju dalam pencalonan. Namun jelang penutupan pendaftaran pada Rabu (15/12/2021), Henky membatalkan diri untuk maju atau mendaftarkan diri sebagai bakal calon.

Hal itu seperti yang disampaikannya kepada Wakil Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Jateng, Sigit Pramono, saat menghubunginya melalui sambungan telepon, Senin (13/12/2021) malam.

BACA JUGA: Afif Nurhidayat: Festival Literasi Wonosobo Pintar Bangkitkan Gairah Kompetisi

”Ya, saya resmi mundur atau membatalkan diri untuk mendaftar dari pencalonan Ketum KONI Jateng,” ucap Henky melalui sambungan telepon.

Dengan demikian, kini tinggal satu bakal calon ketua yang masih bertahan, yakni Bona Ventura Sulistiana, yang saat ini masih menjabat sebagai Pelaksana Tugas/Plt Ketua Umum KONI Jateng. Bona sendiri belum secara resmi mendaftar sebagai bakal calon Ketum KONI Jateng.

Pada WA Grup KONI Kabupaten/Kota Jateng, Henky pun sudah mengeluarkan statement. ‘Selamat dan sukses untuk @Bona Ventura. Selamat bekerja dan berkarya untuk suksesnya prestasi olahraga Jawa Tengah’.

BACA JUGA: Kapolres Magelang Beri Penghargaan 16 Anggota Berprestasi

Henky sendiri sebenarnya sudah mempersiapkan diri untuk maju dalam pencalonan Ketum KONI Jateng, sejak setahun terakhir.

”Saya sudah keliling Jateng selama satu tahun ini, guna menyampaikan visi dan misi menjadi Ketua Umum KONI Jateng. Tanggapan dari anggota KONI Jateng baik Pengurus Provinsi, Cabor maupun KONI Kabupaten/Kota sangat baik. Saya keliling dengan maksud berdiskusi, karena prihatin dengan prestasi olahraga Jawa Tengah,” ungkapnya.

Menurut dia, potensi prestasi olahraga di Jateng sangat bagus. Hanya butuh pengelolaan yang kompak dan transparan saja. Masalah anggaran itu sepanjang berkeadilan, transparan dan berbasis prestasi, pasti mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Jateng.

BACA JUGA: Persiapan Pengamanan Kunjungan Presiden Jokowi di Wonosobo, Seperti Apa?

Selama ini pihaknya menilai, KONI Jateng belum menemukan format yang tepat dalam merumuskan anggaran pembinaan pada cabang olahraga.

Saat itu, Hengky ingin maju dengan harapan bisa ada perubahan. Dan saat itu belum ada calon yang muncul untuk maju menjadi Ketua Umum KONI Jateng.

Sekarang muncul kandidat bakal calon Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana. Henky menilai, banyak anggota KONI Jateng yang memberi kepercayaan pada Bona untuk memimpin KONI Jateng. Dengan harapan, prestasi olahraga Jateng bisa meningkat dibawah kepemimpinannya.

BACA JUGA: 74 Pemuda Kebumen Lolos Seleksi Magang Kerja ke Jepang

”Kita butuh Ketum yang punya pengalaman berorganisasi dan basis jaringan yang luas. Dan itu semua dimiliki Mas Bona Ventura,” puji Henky.

Menurutnya, untuk Musorprov kali ini akan terjadi aklamasi dengan satu suara, dan diharapkan hasilnya akan bagus untuk ke depannya.

”Yang perlu dikawal adalah, pengurus yang akan disusun Ketum terpilih. Harapannya, Ketum terpilih bisa menyusun kepengurusan yang ideal, yang benar-benar mengabdi untuk olahraga,” saran Henky.

Sigit PR-Riyan