blank
Atas nama organisasi otomotif, Ketua Umum IMI Jateng, Frits Yohanes (kanan), mendukung penuh Bona Ventura, sebagai calon Ketua Umum KONI Jateng. Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Perjalanan Bona Ventura Sulistiana menuju kursi Ketua Umum KONI Jawa Tengah Periode 2021-2025, sepertinya bakal mulus. Ini menyusul sudah dikantonginya 73 surat dukungan untuknya, menjelang penutupan pendaftaran bakal calon Ketua Umum KONI Jateng, pada Rabu (15/12/2021) pukul 15.00 WIB.

Adanya 73 surat dukungan itu, sudah jauh melampaui syarat minimal dukungan yaitu 22 atau 20 persen, dari total suara 108 dalam Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Jateng, yang akan digelar di Patra Semarang Hotel & Convention, Kamis-Jumat (23-24/12/2021).

Ditemui saat melakukan silaturahmi dengan jajaran pengurus Pengprov Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jateng, di Sekretariat IMI Komplek Gelora Jatidiri, Semarang, Sabtu (11/12/2021), Bona Ventura mengakui, dirinya sudah mengantongi 73 surat dukungan dari cabang olahraga, KONI kabupaten/kota dan badan fungsional, untuk maju sebagai calon Ketua Umum KONI Jateng empat tahun ke depan.

BACA JUGA: Negara Harus Hadir Lindungi Perempuan

”Saya menyampaikan terima kasih, atas kepercayaan dan support-nya yang diberikan para sahabat dan saudara insan olahraga Jateng. Ini saya anggap sebagai amanah yang harus dijalankan,” kata dia.

Bona yang juga Plt Ketua Umum KONI Jateng itu menjelaskan, tantangan pembinaan olahraga ke depan makin besar. Apalagi dengan adanya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dibutuhkan kolaborasi dan sinergi berbagai pihak, untuk ikut mengangkat prestasi olahraga Nasional.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov IMI Jateng, Frits Yohanes menyebutkan, pihaknya memantapkan dukungannya terhadap Bona Ventura, untuk mencalonkan sebagai Ketua Umum KONI Jateng.

BACA JUGA: Anggota DPR RI Vita Ervina Mengajak Kalangan Muda Menjadi Petani

Meskipun beberapa hari lalu, Sekum Pengprov IMI Jateng Lilik Kusnandar, juga telah mendahuluinya dengan memberikan dukungan terhadap Bona, Frits pun sejalan dengan itu.

Diungkapkan dia, pihaknya mendukung Bona Ventura untuk memimpin KONI Jateng. Dengan bekal pengalaman di organisasi olahraga, Bona punya kemampuan manajerial dan jiwa kepemimpinan.

”Bona bukan orang baru di IMI. Kami mengetahui kiprah dan pengabdiannya. Kami yakin, sikapnya yang akomodatif dan luwes, membuat Bona mudah diterima dari banyak kalangan,” tambahnya.

BACA JUGA: Rokhman Petinggi Desa Telukawur Peduli Kebersihan Sampah Pantai

Dia juga berharap, Bona dapat terus membangun sinergitas bersama IMI, khususnya dalam upaya mengayomi para pembalap, agar tetap loyal dengan Jateng.

Secara terpisah, Wakil Ketua Tim Sembilan, Adeng Sudarwanto mengungkapkan, hingga saat ini belum ada satu pun pendaftar untuk maju menjadi bakal calon Ketua Umum KONI Jateng. Dia memperkirakan, pendaftar baru akan mengajukan diri dan membawa kelengkapan persyaratan, pada hari terakhir pendaftaran.

Dia menjelaskan, mekanisme setelah pendaftaran resmi ditutup, Tim Sembilan akan memverifikasi semua persyaratan administrasi. Mulai dari ijazah, KTP, bukti pernah menjadi pengurus KONI Provinsi, KONI kabupaten/kota sehingga surat dukungan minimal 22.

”Kami juga mengecek surat dukungan, apakah nantinya ditemukan surat dukungan ganda atau tidak. Jika ada surat dukungan ganda, surat dukungan itu dinyatakan batal atau hangus,” tegas Adeng.

Sigit PR-Riyan