Petugas gabungan SAR, mengevakuasi seorang pendaki Gunung Merbabu yang mengalami kelelahan. Foto: antara

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Petugas gabungan pencarian dan pertolongan, mengevakuasi seorang pendaki Gunung Merbabu, bernama Yoni Alwi Hasan (36), akibat kelelahan.

Kepala Kantor Pencarian dan Penyelamatan Semarang, Heru Suhartanto, dalam siaran pers di Semarang, Kamis (9/12/2021) mengatakan, pendaki asal Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jatim, mengalami kelelahan di Pos 2 jalur pendakian Suwanting, di Kabupaten Magelang.

Menurut dia, Yoni naik melalui Pos 2 Suwanting bersama dua rekannya pada Rabu (8/12/2021). ”Saat itu kondisi hujan. Dua rekannya kemudian tetap melanjutkan pendakiannya, sedangkan penyintas ini tetap tinggal di Pos 2 karena kelelahan,” katanya.

BACA JUGA: KY Masih Buka Pendaftaran Seleksi CHA dan Ad Hoc Tipikor MA

Saat malam tiba, kata dia, penyintas ini mengalami hipotermia. ”Yoni sempat mengalami hipotermia, kemudian menghubungi keluarganya untuk minta pertolongan,” ungkapnya.

Petugas yang memperoleh laporan itu kemudian memberangkatkan satu tim menuju Pos 2 Suwanting, pada Kamis dinihari.

Pos 2 Suwanting memiliki ketinggian sekitar 2.100 meter di atas permukaan laut. ”Setelah sempat mendapat perawatan, pendaki yang kelelahan itu bisa dievakuasi turun,” lanjutnya.

Riyan