Komisaris Tokopedia, Wishnutama Kusubandio berfoto bersama CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan CEO GoTo dan GoTo Financial Andre Soelistyo (kiri ke kanan baris depan). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tokopedia berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, melalui gerakan #BangkitBersama, menggelar Media Briefing Virtual Bangkit Bersama Jawa Tengah: Yang Lokal Yang Juara, secara daring dan luring.

Kegiatan luring yang dilaksanakan di Valle Pizza E Resto, Semarang, Kamis (9/12/2021) itu, dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Komisaris GoTo Wishnutama, CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya dan CEO GoTo dan GoTo Financial Andre Soelistyo.

Sedangkan peserta daring selain dari para awak media, juga para pelaku UMKM yang ada di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Kodim 0715/Kendal Gelar Vaksinasi di Lungkungan Perusahaan

Tema ‘Yang Lokal Yang Juara’ melalui ekosistem Gojek, Tokopedia dan GoPay bersama para mitra strategis ini, untuk meningkatkan daya saing UMKM lokal, agar mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Kegiatan ini juga untuk mendorong pemulihan ekonomi Nasional yang terdampak selama pandemi.

Dalam talk show yang digelar secara serius tapi santai itu, Ganjar memberikan apresiasi terhadap tokopedia yang begitu peduli terhadap UMKM. Ganjar pun berharap, UMKM di Jateng makin percaya diri untuk terus maju.

”Pengalaman-pengalaman selama ini sudah mendorong mereka untuk bisa punya metode baru dalam berjualan. Dan ternyata menjual melalui marketplace apalagi yang sudah unicorn begini, ternyata cepat sekali,” kata Ganjar.

BACA JUGA: FGSNI Gelar Webinar Nasional Kecerdasan Sosial Anak Hadapi 4.0

Dalam acara ini, hadir sejumlah UMKM di Jateng, yang telah merasakan langsung peningkatan penjualan di tengah pandemi, setelah bergabung dengan marketplace.

UMKM itu antara lain, Patrobas, Heritage Brass, Mbok Berek, bahkan Toko Kelontong Lestari, yang mengaku penjualannya meningkat drastis, dan terbantu pemasarannya karena tak harus pergi ke pasar.

”Kita akan dorong untuk UMKM kita, agar mereka menggunakan cara ini dengan digital marketing. Ini perlu dilakukan, agar mereka bisa tersebar kemana-mana, sambil nanti kita dampingi. Mereka bisa kita latih,” imbuh Ganjar.

BACA JUGA: Pimpin Peringatan Hakordia, Sekda Kudus; Mari Jaga Budaya Antikorupsi

Sementara itu, Komisaris Tokopedia, Wishnutama menyebutkan, Jateng dipilih secara khusus, karena dinilai punya potensi UMKM yang sangat luar biasa.

”Gubernurnya juga proaktif. Segala sesuatu kalau nggak dapat dukungan kan repot. Kebetulan Pemprov Jateng juga sangat proaktif, potensi UMKM-nya juga luar biasa,” tukas dia.

Riyan