KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen meraih penghargaan dari Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) atau PERPAMSI Awards 2021 untuk katagori Perumda Air Minum Sehat yang Memiliki Inovasi dalam Bidang Teknologi Informasi.
Penghargaan diberikan oleh Pengurus Pusat PERPAMSI kepada Bupati Kebumen Arif Sugiyanto di The Sunan Hotel Solo, Rabu (8/12) bertepatan dengan acara Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Nasional (MAPAMNAS) ke XIV.
Bupati menyampaikan selamat dan apresiasi kepada PDAM Kebumen sebagai Perumda air minum yang telah menunjukkan kinerja baik sehingga mendapatkan penghargaan nasional dari PERPAMSI dengan inovasi digital dalam mempermudah layanan masyarakat.
“Alhamdulillah kita patut berbangga, PDAM Kebumen sebagai Perumda Air Minum bisa meraih penghargaan PERPAMSI sebagai PDAM terbaik yang mampu melalukan inovasi digital untuk perbaikan layanan masyarakat,”ujar Arif Sugiyanto.
Dengan penghargaan ini, Bupati berharap menjadi semangat bagi seluruh jajaran pegawai PDAM untuk bekerja lebih giat sehingga penghargaan bisa terus dipertahankan. Lebih dari itu PDAM Kebumen bisa terus memperluas cakupan penyediaan air bersih di seluruh wilayah Kebumen.
“Kerja baik ini harus terus dijaga dan ditingkatkan. PDAM punya kewajiban untuk memberikan air bersih kepada seluruh warga Kebumen. Karena dengan air bersih, maka berarti PDAM turut mendukung pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat,”tandasnya.
Memudahkan Akses Data Pelanggan
Direktur Perumda PDAM Kebumen Zein Musta’in menyatakan, beberapa inovasi telah dilakukan dalam pengembangan digital. Yakni melalui program Aplikasi PETAKU (PDAM Tetap Milikku) yang memudahkan akses data seluruh pelanggan berjumlah 31.057.
Aplikasi tersebut digunakan untuk mengetahui secara cepat data pelanggan dengan menggunakan peta digital.”Program PETAKU ini merupakan karya mandiri yang kita buat guna memudahkan PDAM, khususnya para pembaca meter dan bagian pemeliharaan jaringan atau penagihan,” tuturnya.
PDAM Kebumen juga telah meresmikan program RPAM (rencana pengamanan air minum). Merupakan pendekatan pengamanan pasokan air minum, yang meliputi penanganan di sumber air sampai dengan keran air setiap rumah tangga untuk memastikan kualitas, kuantitas, kontinuitas dan keterjangkauan pelayanan air minum bagi masyarakat.
“Untuk pembayaran tagihan, 100 persen kita juga sudah tidak melayani uang tunai. Tapi secara online melalui aplikasi atau juga jaringan resmi yang bekerjasama dengan PDAM,” terangnya.
Dengan penghargaan ini, Zein berharap PDAM bisa semakin sigap dalam menghadapi keluhan pelanggan, perbaikan layanan, dan memperluas jaringan pelanggan, dan penyerapan air minum di Kebumen dan sekitarnya.
Komper Wardopo