blank
Secara simbolis Wali Kota Magelang Muchamad Nur Azis menyerahkan bantuan modal kepada UMKM dan PKL, (Bag Prokompim, Pemkop Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pemkot Magelang memberikan bantuan sosial kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan maupun PKL.

Bantuan berupa uang modal ini adalah salah satu wujud kepedulian atau stimulan kepada mereka agar tetap bersemangat mengembangkan usaha.

Secara simbolis bantuan diserahkan Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz di Pendapa Pengabdian, kemarin.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang Sunaryanto menjelaskan, bantuan diserahkan kepada 15 orang pelaku UMKM/PKL dengan nominal total bantuan Rp 33 juta.

‘’Para penerima sebelumnya sudah disurvei disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhannya, jadi bantuan modal ini sudah sesuai dengan keadaan riel,’’ katanya.

Menurutnya, bantuan ini merupakan upaya untuk melindungi masyarakat dari kemungkinan terjadinya risiko sosial, serta mengurangi dampak negatif pandemi Covid-19.

Selain itu, juga untuk menambah modal agar kelangsungan usaha tetap berjalan, serta memotivasi pelaku UMKM/PKL supaya bisa lebih meningkatkan produknya baik kualitas maupun kuantitasnya.

Wali kota yakin UMKM di Kota Magelang dapat bangkit kembal di era new normal ini, asalkan mau berpikir kreatif, jeli menangkap peluang dan mau bekerja. Maka diharapkan pelaku UMKM/PKL tetap menjaga kualitas produknya.

Aziz berpesan, agar mereka tidak lelah membangun kepercayaan dan kapasitas diri.

‘’Kepada instansi terkait, saya minta agar pendampingan kepada pegiat UMKM bisa dilaksanakan terintegrasi dalam semua aspek, seperti perizinan, pemasaran, pengawasan mutu dan sebagianya,’’ pintanya.

 

Penulis : Prokompim/Pemkot Magelang

Editor   : Doddy Ardjono