blank
Sumarno (Sekda Provinsi Jateng). Foto: antara

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno mengingatkan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), di lingkungan Pemerintah Provinsi Jateng, agar menguasai teknologi digital, untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

”Digitalisasi adalah suatu keniscayaan. Mau tidak mau harus mengikuti perubahan itu. Terlebih digitalisasi mempermudah ASN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga lebih mudah dan cepat,” kata Sumarno di Semarang, Selasa (30/11/2021).

Menurut dia, ASN juga harus cerdas untuk mendukung sistem pemerintahan ke birokrasi pada era 4.0.

BACA JUGA: Kejurnas Tenis Gali Potensi dan Memacu Prestasi Atlet

Selain itu, ASN harus mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, di tengah banyaknya perubahan.

”Sebagai ASN yang melayani masyarakat, kita juga sedang menuju ke proses-proses digitalisasi. ASN harus mengikuti perkembangan digitalisasi, untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sekda mengakui, munculnya modernisasi dan globalisasi menimbulkan berbagai dampak, baik positif maupun negatif.

BACA JUGA: Bea Cukai Kota Surakarta Musnahkan Batang Rokok Ilegal Sebanyak 1.811.592

Dia mencontohkan, salah satu dampak negatif yang signifikan yang terlihat adalah, mulai pudarnya rasa cinta Pancasila, dan kurang mengamalkan atau menghayati Pancasila.

Selain memiliki fungsi sebagai pelaksana kebijakan dan pelayanan publik, seorang ASN juga memiliki fungsi sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

”Untuk itulah, jiwa Pancasila, cinta Tanah Air dan nasionalisme dalam diri seorang ASN merupakan hal yang wajib,” ujarnya.

Riyan