blank
Para calon penumpang antre di bagian lapor diri Maskapai Penerbangan Virgin Atlantic dan Delta Air yang akan menuju ke Amerika Serikat di Terminal 3, Bandara Internasional Heathrow, London, Inggris, Senin (8/11/2021). Amerika Serikat mengizinkan masuk warga negara asing dari 26 negara yang sudah divaksinasi COVID-19 secara penuh via jalur udara maupun darat mulai 8 November 2021. Antara

WASHINGTON (SUARABARU.ID)- Petugas kesehatan Amerika Serikat belum memberlakukan persyaratan baru menyangkut penyaringan atau penelusuran, untuk menangani Covid-19 varian Omicron yang baru ditemukan, terhadap para penumpang dari wilayah bagian selatan Afrika.

Penemuan kasus Covid-19 varian Omicron pertama kali di Afrika Selatan telah mendorong pemerintahan Biden untuk membatasi perjalanan dari wilayah selatan Afrika.

Mulai Senin (29/11/2021), Amerika Serikat akan melarang sebagian besar pelancong asing dari Afrika Selatan dan tujuh negara Afrika bagian selatan lainnya dalam upaya untuk mengekang penyebaran varian Omicron, yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan pada Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Belgia Temukan Kasus Pertama Varian Baru Covid Afsel Di Eropa

Namun, pembatasan perjalanan itu tidak melarang penerbangan dan tidak berlaku untuk warga negara AS dan penduduk tetap AS yang sah.

Sampai larangan perjalanan dimulai pukul 12:01 (waktu setempat) pada Senin (29/11/2021), sejumlah penerbangan dari Afrika Selatan masih terus membawa warga negara asing.

Penumpang maskapai penerbangan yang memasuki Amerika Serikat dari luar negeri sudah dikenakan persyaratan vaksinasi dan tes Covid-19 yang ketat oleh Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Baca Juga: Jepang Perkertat Perbatasan Saat Varian Baru Omicron Menyebar

Akan tetapi, para penumpang umumnya tidak dipantau oleh petugas kesehatan setelah mereka meninggalkan penerbangan dan tidak diharuskan untuk mengikuti tes Covid-19 setibanya di Amerika Serikat.

Hampir semua warga negara asing yang memasuki AS perlu menunjukkan bukti telah divaksin untuk dapat masuk, tetapi warga Amerika tidak perlu menunjukkan status vaksinasi untuk kembali ke negara mereka.

Dua maskapai penerbangan AS yang terbang langsung ke Johannesburg, Delta Air Lines dan United Airlines, pada Jumat mengatakan bahwa mereka tidak merencanakan perubahan apa pun untuk rute penerbangan Afrika Selatan-AS setelah varian Omicron ditemukan.

Baca Juga: Varian Omicron Muncul, AS Larang Turis Dari Delapan Negara Afrika

Para pelancong yang telah divaksin lengkap harus memberikan bukti tes Covid-19 negatif yang diambil dalam waktu tiga hari setelah keberangkatan mereka, tetapi mereka yang belum divaksin lengkap harus menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 dalam satu hari saat kedatangan.

CDC belum menanggapi permintaan komentar tentang bagaimana persyaratan hasil tes Covid-19 itu dijalankan atau apakah CDC akan mengeluarkan persyaratan tambahan sejak munculnya varian Omicron yang mendorong pembatasan perjalanan ke AS dari sejumlah negara.

Sejauh ini, tidak ada kasus Covid-19 varian Omicron yang diidentifikasi di Amerika Serikat, kata CDC pada Jumat (26/11/2021). Namun, pakar penyakit menular Dr. Anthony Fauci pada akhir pekan mengatakan bahwa varian Omicron kemungkinan besar sudah ada di Amerika Serikat.

Baca Juga: Afsel Komplain, Larangan Perjalanan Atas Varian Baru Covid Tak Dapat Dibenarkan

CDC pada Jumat berharap untuk dapat mengidentifikasi varian Omicron itu, yang juga disebut B.1.1.529, dengan cepat jika muncul di Amerika Serikat.

Maskapai United Airlines saat ini mengoperasikan lima penerbangan antara kota Newark dan Johannesburg setiap minggu. Sementara, Delta mengoperasikan tiga penerbangan dari Johannesburg ke Atlanta.

Dua penerbangan dari Afrika Selatan yang mendarat di Belanda pada Jumat (26/11/2021) membawa 13 penumpang yang terjangkit Covid-19 varian Omicron, kata pihak berwenang Belanda pada Minggu (28/11/2021).

Baca Juga: Gempa 6,1 Magnitudo Guncang Perbatasan Myanmar-India

Kasus-kasus Covid-19 varian Omicron sedang ditemukan di sejumlah negara di seluruh dunia.

Kasus varian Omicron di Belanda termasuk di antara 61 kasus positif Covid-19 dari sekitar 600 penumpang di dua penerbangan.

Seorang juru bicara maskapai KLM, yang merupakan cabang Belanda dari grup Air France-KLM, mengatakan para penumpang dalam penerbangan itu memiliki hasil tes negatif atau menunjukkan bukti vaksinasi sebelum naik pesawat di Cape Town dan Johannesburg.

Ant-Claudia